Qualcomm: Kamera Smartphone 100MP Bakal Hadir Tahun Ini


Senior Director of Product Management Qualcomm, Judd Heape, mengatakan kamera smartphone akan memiliki resolusi yang sangat besar pada tahun ini. Menurutnya, kemungkinan akan ada smartphone dengan kamera 64MP, bahkan 100MP.

Dilansir GSM Arena, Minggu (17/3/2019), chipset Snapdragon milik Qualcomm yang ada sekarang, 660, 670, 675, 710, 845, dan 855, sebenarnya sudah mendukung resolusi 192MP. Namun, fitur-fitur seperti multi-frame noise reduction dan zero shutter lag harus dinonaktifkan dulu.

Terlepas dari persoalan teknis tersebut, mengutip laporan dari mysmartprice, Heape mengatakan, sejumlah vendor saat ini sedang bekerja sama dengan produsen sensor kamera agar bisa merilis smartphone dengan resolusi 64MP, bahkan 100MP. Produk tersebut diharapkan bisa meluncur akhir tahun ini.

Menurutnya, saat ini sejumlah vendor berlomba untuk merilis smartphone dengan angka megapiksel tertinggi. Hal tersebut justru tidak sesuai dengan keinginan Qualcomm, tapi kata Heape, industri ini bergerak ke arah itu.

Heape mengatakan, dia secara pribadi menyukai piksel yang lebih besar daripada piksel yang lebih banyak, untuk peningkatan kualitas gambar. Namun ia tidak mengungkapkan nama vendor yang dimaksud.