Penyelundupan Komodo di Indonesia ke Singapura Jadi Sorotan Dunia



Penyelundupan 41 ekor komodo dari Indonesia ke Singapura, berhasil digagalkan oleh Polda Jawa Timur pada Rabu, 27 Maret 2019. Hewan langka itu telah dicuri kemudian nyaris diekspor secara ilegal dengan harga mencapai Rp 500 juta setiap ekornya.

Sebagaimana telah diwartakan oleh kami sebelumnya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat menyebutnya sebagai "kejahatan konservasi". Ia mengatakan bahwa penyelundupan harus ditindak dengan keras dan tidak boleh terulang di masa mendatang. 

Kasus penyelundupan komodo tersebut, ternyata tidak hanya menjadi perhatian pejabat dan media lokal. Sejumlah surat kabar dari berbagai negara telah menyoroti hal ini.

Surat kabar daring Singapura, Channel News Asia, menyebut bahwa pemerintah Indonesia telah menyita komodo dan puluhan hewan lain yang diperdagangkan melalui Facebook, sebagaimana dikutip pada Kamis (28/3/2019). Lima penyelundup, salah satunya berinisial VS, telah ditangkap.
Tidak hanya Singapura, South China Morning Post yang berbasis di Hong Kong juga menyoroti kasus ini. Media itu megatakan bahwa komodo yang disita diperdagangkan dengan harga antara 15 dan 20 juta rupiah, mengutip pernyataan kepolisian Jawa Timur Frans Barung Mangera.

Lebih lanjut, media daring Hong Kong itu mengatakan bahwa tiga tersangka yang ditangkap menjual hewan langka lain seperti berang-berang, macan tutul, dan trenggiling. Kasus itu terjadi sehari setelah pihak berwenang Indonesia menyita lebih dari 5.000 kura-kura berhidung babi dari penyelundup di bagian timur Papua.

Sementara itu, portal berita Astralia 9news, menyoroti tanggapan pejabat kementerian Indonesia yang mengatakan bahwa kasus penyelundupan komodo baru pertama kali terjadi.

Kedok penyelundup, menurut 9news, akan menjadikan komodo sebagai obat tradisional, karena dianggap memiliki antibiotik, sebagaimana disampaikan oleh Rofiq Ripto Himawan, seorang pejabat kepolisian di Jawa Timur.

Tidak hanya media Asia-Pasifik, RTL Today di Luksemburg juga turut memberitakan. Situs berita daring itu menyayangkan penyelundupan yang terjadi di salah satu negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi.

BBC News yang berbasis di Inggris juga menyoroti bahwa kadal terbesar di dunia yang nyaris diselundupkan itu, merupakan hewan yang terancam punah dan dilindungi oleh hukum internasional. Dalam berita itu, disebutkan bahwa tersangka terancam dijatuhi "denda berat" dan hukuman hingga lima tahun penjara.

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand

Reply