Pemancing di Australia Temukan Ikan Aneh yang Mirip Alien


Sekelompok pemancing mendapat kejutan dari hasil tangkapan mereka. Ini seperti di film fantasi yang memperlihatkan makhluk aneh turun dari angkasa. Bedanya, makhluk ini adalah ikan yang tentu saja datang dari air, namun memiliki penampilan mirip alien.

Ikan aneh itu ditemukan tidak sengaja oleh sekelompok pemancing yang sedang memancing di Taman Nasional Kakadu, Australia. Saat ikan berukuran 15 centimeter itu ditarik, betapa terkejutnya mereka kala melihat spesies langka yang tidak memiliki mata dengan gigi runcing di mulutnya.

“Ikan ini berwarna cokelat keunguan. Kepalanya sangat aneh, tetapi tubuhnya seperti belut, anehnya tidak bergerak atau menggeliat. Seperti tertegun, ada dalam mode bersembunyi,” ujar Angler Tee Hokin kepada ABC News.

Ikan aneh yang ditemukan pemancing di Australia. Ikan itu diidentifikasi sebagai cacing gobi dari genus Taenioide.

Menurut Hokin, Ikan itu menempel kencang pada umpan. Untuk melepaskannya, ia mesti menggunakan tang. “Itu satu-satunya cara untuk melepaskannya, kamu tidak bisa melepaskannya, kamu tidak bisa apa-apa,” tambah Hokin.

Penasaran dengan ikan aneh tersebut, pihak ABC News membawanya kepada Michael Hammer, seorang kurator ikan di Museum dan Galeri Seni Northern Territory.

Menurut Hammer, ikan itu diidentifikasi sebagai cacing gobi dari genus Taenioide. Spesies lain dalam genus ini memakan krustasea (udang) dan ikan kecil. Namun, belum diketahui secara detail bagaimana ikan itu berkembang biak, di mana habitatnya, seksualitasnya, hingga perilakunya.