Ini Dia Wanita Pertama di Dunia yang Berjalan di Luar Angkasa


NASA mengumumkan akan melakukan peristiwa bersejarah yang akan dilakukan bulan ini.

Badan Antariksa Amerika Serikat itu menjadwalkan dua astronot wanita untuk berjalan di luar angkasa.

Dikutip dari The Washington Post, Sabtu (9/3/2019), ini merupakan kali pertama misi berjalan di luar angkasa dilakukan seluruhnya oleh seorang wanita.

Dua astronot tersebut bernama Anne McClain dan Christina Koch, yang akan berjalan di ketinggian 400 km dari permukaan Bumi.

Uniknya, misi ini sebenarnya tidak direncanakan. Awalnya, misi ini akan dilakukan pada pertengahan tahun, tapi kini dimajukan bersamaan dengan Women History Month yang jatuh pada bulan ini.

"Mereka akan bertugas untuk mengganti baterai yang ada di stasiun luar angkasa," tutur juru bicara NASA Stephanie Schierholz.

Keduanya akan menjadi satu dalam misi Expedition 59 yang meluncur minggu depan.

Selain astronot yang bertugas di luar angkasa, awak darat juga diisi oleh para wanita. Mary Lawrence akan menjadi lead flight director dan Jackie Kagey sebagai lead spacewalk flight controller.

Meski sudah dijadwalkan, Schierholz menuturkan tidak tertutup kemungkinan masih ada perubahan jadwal dan tugas yang diberikan.

Sekadar diketahui, McClain dan Koch merupakan angkatan 2013 dari kelas astronos NASA, yang setengah di antaranya adalah wanita.

Untuk informasi, berjalan di luar angkasa (spacewalks), menurut NASA dilakukan untuk sejumlah tujuan. Salah satunya adalah melakukakan eksperimen ilmiah atau melakukan uji coba peralatan baru.