Gejala Batu Ginjal pada Wanita dan Pria Serta Cara Alami Untuk Mengatasinya


Apakah kamu sering merasakan nyeri pinggang? Mulai saat ini jangan anggap remeh nyeri pinggang yang kamu rasakan, karena bisa jadi sakit pinggang tersebut disebabkan oleh batu ginjal.

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah kondisi ketika di dalam ginjal terbentuk material keras menyerupai batu. Material ini terbentuk dari limbah zat-zat dalam darah yang disaring ginjal, kemudian mengendap dan lama-kelamaan mengkristal.

Penyakit batu ginjal cukup umum terjadi pada orang-orang berusia 30-60 tahun. Sebanyak 80% batu ginjal sendiri umumnya menyerang pria daripada wanita, hal tersebut diduga terkait dengan penyumbatan saluran kencing pria.

Sayangnya masih banyak orang yang meremehkan rasa sakit karena yakin akan segera sembuh tanpa diobati. Tak terkecuali penyakit batu ginjal. Pakar kesehatan menilai masih banyak orang Indonesia yang abai terhadap penyakit yang menyerang organ penting dalam tubuh ini. Rata-rata disebabkan karena ketidaktahuan masyarakat tentang gejala penyakit berbahaya tersebut.

Oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui gejala batu ginjal pada wanita dan pria untuk mengantisipasi penyakit ini. Lebih lengkapnya, berikut gejala batu ginjal pada wanita dan pria yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber

Penyebab Batu Ginjal
Sebelum mengetahui gejala batu ginjal pada wanita dan pria, lebih baik mengetahui dahulu penyebab batu ginjal. Penyebab batu ginjal yang bisa kamu ketahui sebagai berikut:

- Kurangnya konsumsi air putih

Kurang konsumsi air putih dapat menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, cairan urine pun ikut berkurang atau bahkan tidak keluar sama sekali. Jika keadaan ini terjadi secara berkelanjutan, pembentukan batu ginjal tak bisa dihindari lagi.

- Olahraga ekstrem

Olahraga ekstrem dapat memicu pengeluaran cairan tubuh lebih banyak dari biasanya. Jika hal ini tidak diimbangi dengan asupan cairan yang memadai, cepat atau lambat akan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

- Cuaca panas

Cuaca panas membuat kamu harus minum lebih banyak. Jika tidak, kamu akan mengalami dehidrasi, yang kemudian akan meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal.

- Terlalu banyak kafein dan minuman bersoda

Konsumsi kafein dan minuman berkarbonasi atau soda dapat memicu terbentuknya batu ginjal, bahkan membebani kerja ginjal. Kedua zat tersebut juga berkontribusi pada kejadian gagal ginjal.

- Kelainan bawaan

Salah satu kelainan bawaan yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal adalah cystinuria. Ini adalah kondisi dimana tubuh terlalu banyak mengandung asam amino sistin dan tinggi akan zat oksalat.

- Obat-obatan tertentu


Suplemen kalsium dan vitamin C yang dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dapat meningkatkan risiko pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, jika kamu rutin mengonsumsi suplemen jenis tersebut dan tidak ingin terkena batu ginjal di kemudian hari, berkonsultasilah dengan dokter mengenai dosis yang sesuai.

Setelah mengetahui penyebabnya batu ginjal, maka kamu perlu mengetahui gejala apa saja yang akan dialami oleh penderita batu ginjal.

Gejala batu ginjal pada wanita dan pria biasanya tanpa gejala apalagi jika ukuran batu ginjal sangat kecil, kamu tidak akan merasakan gejala apa pun. Karena, batu ginjal tersebut akan keluar secara alami melalui ureter.

Namun, lain halnya jika ukuran batu lebih besar dari ureter. Hal ini akan menyebabkan iritasi atau bahkan luka yang menyebabkan pada urine terdapat darah. Gejala batu ginjal pada wanita dan pria lainnya adalah sebagai berikut:

- Nyeri punggung bawah yang berkepanjangan, kadang terasa sampai selangkangan. Pada penderita pria, nyeri juga terasa pada testis dan skrotum.
- Nyeri pinggang, muncul dari arah iga sampai batas atas tulang panggul
- Sakit perut bagian samping dengan durasi bervariasi, mulai dari hitungan menit sampai       jam.
- Merasa mual dan muntah.
- Lebih sering buang air kecil dari biasanya atau yang biasa dikenal dengan anyang-anyang.
- Perubahan warna urine, urine berwarna merah muda, merah, atau cokelat.
- Urine keruh dan berbau menyengat
- Nyeri saat buang air kecil.
- Wajah pucat dan tangan terasa dingin
- Disertai demam dan menggigil

Jika kamu merasakan beberapa gejala batu ginjal seperti yang sudah disebutkan diatas, segera kunjungi dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Cara Alami untuk Menghilangkan Batu Ginjal
Tidak perlu khawatir, ada beberapa cara alami yang dapat membantu menyingkirkan batu ginjal. Caranya sebagi berikit

1. Minum air putih

Kebanyakan penyebab batu ginjal adalah dehidrasi. Minum banyak air dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Saat minum air, secara otomatis air akan membersihkan racun dari dalam tubuh.

2. Daun kemangi

Daun kemangi adalah ramuan alami yang menakjubkan dan banyak digunakan di India. Kemangi diketahui membantu ginjal untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami. Tanaman ini bertindak sebagai detoksifikasi dan mengurangi kadar asam urat di ginjal. Kemangi juga bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit.

Cara mengonsumsinya, lumatkan tiga hingga empat lembar daun kemangi hingga menjadi pasta. Pasta ini harus dicampur dengan satu sendok teh madu dan dikonsumsi setiap hari.

3. Cuka apel

Cuka apel sangat baik untuk menghilangkan batu ginjal secara alami. Asam sitrat yang ada di dalamnya akan membantu melarutkan batu ginjal. Sifat alkalizing dalam cuka apel juga membantu membersihkan racun dan membersihkan ginjal secara internal.

Untuk menyingkirkan batu ginjal, campur dua sendok makan cuka apel dalam segelas air hangat dan diminum setiap hari untuk mengurangi batu ginjal.

Nah, itu tadi ulasan mengenai gejala batu ginjal pada wanita dan pria. Kamu bisa mulai menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat agar terhindar dari batu ginjal.

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand

Reply