Dijual Rp24 Juta, Harga Material Membuat Galaxy S10 Plus Cuma Rp6 Juta?


Samsung Galaxy S10 Plus menjadi handphone termahal di antara keluarga seri Galaxy 10 dengan harga tembus Rp24 juta per unit. Tapi tahukah Anda berapa perkiraan biaya sebenarnya dari produksi S10 Plus?

Dilansir dari laman GSM Arena, para ahli di TechInsights mendapatkan dan mempublikasikan perkiraan tagihan material Samsung Galaxy S10 Plus. Setelah dihancurkan, mereka menyebut pembuatan perangkat andalan terbaru Samsung itu hanya membutuhkan modal Rp6 juta.


Tapi perlu dicatat, ini hanya biaya komponen dan perakitan. Belum termasuk R&D, pemasaran, dan biaya lainnya. Dengan semua itu, maka estimasi daftar tampilan sebagai elemen paling mahal yakni Rp1,2 juta.Sedangkan chipset berada di urutan kedua yakni hampir Rp1 juta. 

Biaya gabungan dari keduanya tetap hampir tidak berubah dibandingkan dengan S9 Plus. Dengan tampilan lubang punch yang lebih besar dan kompleks sekarang, maka biayanya USD9 lebih mahal.


Hanya Exynos 9820 yang lebih baru sebenarnya lebih murah Rp14.000. Sementara itu, gabungan biaya RAM dan penyimpanan tetap sama di Rp720.000. Namun sekarang ada tawaran RAM 8 GB dan 128 GB penyimpanan internal dibandingkan 6 GB/64 GB pada S9 Plus.

Sementara pengadaan lima kamera pada S10 Plus menambahkan biaya hingga total Rp820.000. Masih tertarik membeli Galaxy S10 Plus?