7 Musisi Kondang yang Mengakhiri Hidup dengan Bunuh Diri


Bintang rock tak selalu punya kehidupan yang indah. Sebagian dari mereka malah berakhir dengan tragis. Banyak yang memilih bunuh diri akibat depresi atau masalah kesehatan lain, yang selalu penting untuk disadari sebagai tanda peringatan. Sejumlah tragedi ini bahkan memicu teori konspirasi. 

Terakhir, dunia dikejutkan dengan tewasnya vokalis The Prodigy, Keith Flint. Pria berusia 49 tahun itu ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa di rumahnya di Essex, Inggris, Senin (4/3/2019). Teman satu bandnya, Liam Howlett menduga Keith telah bunuh diri meski konfirmasi resmi terkait kematiannya belum dirilis. 

Sebelum Keith, ada sederet musisi kondang yang memilih mengakhiri hidupnya dengan cara tragis. Kematian Keith menambah panjang daftar tersebut. Dikutip dari Ranker, berikut sejumlah musisi yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. 

1. Kurt Cobain

Vokalis Nirvana, Kurt Cobain, bunuh diri di rumahnya di Seattle pada 5 April 1994. Dia didiagnosis menderita depresi saat duduk di bangku SMA dan kemudian mulai menggunakan heroin, kemungkinan untuk menghadapi sakit kronis. Namun, itu hanya sementara dan malah menyebabkannya kecanduan. Kurt mengakhiri hidupnya ketika dia berusia 27 tahun. 

2. Chris Cornell

Vokalis band grunge Soundgarder, Chris Cornell, ditemukan tewas di kamar hotelnya di Detroit setelah dia tampil di sebuah konser pada 17 Mei 2017. Pria yang meninggal dunia dalam usia 52 tahun itu secara terang-terangan mengakui kalau dirinya depresi dan berusaha menanganinya. 

3. Avicii

DJ kondang asal Swedia, Avicii, ditemukan tewas di kamar hotelnya di Oman, 20 April 2018, dalam usia 28 tahun. Pria bernama asli Tim Bergling itu disebut sudah lama berjuang dengan pikirannya mengenai arti, kehidupan dan kebahagiaan. Dia juga disebut berjuang dengan mesin bisnis yang membuatnya menemukan dirinya sendiri. 

4. Michael Hutchence

Vokalis INXS, Michael Hutchence, ditemukan sudah tidak bernyawa di sebuah kamar hotel di Sydney, Australia, pada 1997, dalam usia 37 tahun. Koroner menyebut kematiannya akibat bunuh diri karena pengaruh obat-obatan terlarang dan alkohol. Adik Michael, Tina, kemudian mengklaim bahwa kakaknya itu menderita cedera otak traumatis pada 1992 yang menyebabkan perubahan kepribadiannya. 

5. Chester Bennington

Vokalis Linkin Park, Chester Bennington, memilih mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri di rumahnya di Los Angeles County, 20 Juli 2017. Penyanyi itu mengakhiri hidupnya hanya 2 bulan setelah teman dekatnya, Chris Cornell, mengembuskan napas terakhir dengan cara yang sama. Pria berusia 41 tahun itu dikenal blak-blakan terkait masa lalunya yang kelam dan pengalamannya dengan depresi. 

6. Kim Jonghyun

Personel SHINee asal Korea Selatan, Kim Jongyun, tewas akibat bunuh diri pada 18 Desember 2017. Kematiannya dikabarkan mencuatkan perhatian atas tekanan intens terhadap artis di industri hiburan Korea Selatan. Pria berusia 27 tahun itu disebut bergelut dengan depresi akibat ketenaran yang diembannya. 

7. Keith Flint

Penyanyi dan penari The Prodigy, Keith Flint, yang wajah dan suaranya sangat dikenal dan merupakan pendorong single seperti Firestarter dan Breathe, ditemukan tewas di rumahnya di Essex, Inggris, Senin (4/3/2019) dalam usia 47 tahun. Meski belum ada pernyataan resmi terkait penyebab kematiannya, keyboardist The Prodigy, Liam Howlett, yakin kalau Keith bunuh diri.