Jika Tidak Punah, Kepintaran Dinosaurus Diklaim Melebihi Manusia


Seorang ahli purbakala memastikan Dinosaurus akan berevolusi menjadi sepintar manusia jika mereka tidak punah dihantam asteroid.

Makhluk seperti reptil telah bercokol di planet ini selama 150 juta tahun, sampai asteroid menabrak Teluk Meksiko dengan kekuatan satu miliar bom nuklir.

Satu-satunya dinosaurus yang selamat dari kiamat ini adalah burung-burung yang kita kenal sekarang, yang berevolusi dari sekelompok dinosaurus theropoda.

Para ilmuwan mengklaim dinosaurus, bukan manusia, yang seharusnya menjadi bos di dunia.

Kunio Kaiho dan Naga Oshima di Tohoku University di Jepang menyarankan hanya 13% dari permukaan bumi yang mengandung campuran fatal dari bahan-bahan yang dapat memicu kepunahan massal.

Tertulis dalam jurnal Scientific Reports, dinosaurus mungkin telah mengembangkan kecerdasan untuk menyaingi manusia.

"Mereka masih berkembang, masih sangat beragam ketika asteroid menghantam," kata ahli paleontologi Steve Brusatte kepada Colin Barras dalam sebuah esai untuk The Universe Next Door New Scientist seperti dilansir dari Daily Star, Minggu (10/2/2019).

"Jika asteroid itu tidak pernah mengenai itu, maka dinosaurus non-burung akan tetap ada di sini hari ini dan mungkin akan sangat beragam."

Diperkirakan alasan kita manusia menjadi sangat cerdas adalah untuk mengatasi perubahan iklim. Ahli paleontologi, Dave Russell, lebih jauh mengatakan dinosaurus bahkan akan tampak seperti manusia.

"Dinosauriod" dimodelkan dengan dua kaki panjang, berlengan lengan, kulit bersisik hijau.