Huawei Mate X, Ponsel Lipat Pesaing Galaxy Fold Resmi Diperkenalkan


Belum genap satu minggu Samsung Galaxy Fold diumumkan, kini ponsel lipat teresbut sudah memiliki pesaing yang lebih tipis, memiliki layar lebih besar, dan lipatan lebih rata. 

Huawei secara resmi memperkenalkan ponsel layar lipat-nya, Huawei Mate X. Huawei Mate X diperkenalkan oleh CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu di atas panggung Mobile World Congress (MWC) 2019 Barcelona, Spanyol. 


Saat dibuka, Mate X menjadi layar tablet 8 inci, dan ketika dilipat, ponsel ini berubah menjadi smartphone 6,6 inci. Lain halnya dengan Galaxy Fold yang dilipat ke bagian dalam, Mate X memiliki lipatan pada bagian luar dan etika perangkat dilipat, Anda akan memiliki smartphone dua layar.

Sebagaimana dilaporkan oleh The Verge, Senin (25/2/2019) Ponsel ini memiliki ketebalan 5,4 mm saat terbentang, sementara saat dilipat ketebalnnya menjadi 11 mm. Prosesor pada jantung Mate X adalah Kirin 980. Chipset ini didampingi RAM 8GB dan penyimpanan 512GB yang dapat diperluas dengan kartu memori khusus yakni Nano Memory Card.

Soal teknologi 5G, Huawei Mate X disokong oleh modem Balong 5000. Richard Yu menyebutnya sebagai modem terkencang yang pernah ada di dunia.


Mate X disertai dengan Huawei SuperCharge versi 55W yang telah ditingkatkan, saat pengisian daya hanya butuh waktu 30 menit untuk pengisian hingga 85 persen.

Ada tiga kamera yang dapat digunakan pada ponsel lipat ini. Masih sama seperti seri flagship Huawei lainnya, Mate X hadir dengan kamera yang diproduksi oleh Leica. 

Huawei Mate X dibanderol 2.299 Euro atau sekitar Rp 36,6 juta. Ponsel ini dijanjikan akan tersedia mulai pertengahan tahun ini.