Galaxy Fold Meluncur, Begini Debut Tampilan Ponsel Layar Lipat Samsung


Samsung membuka acara Unpacked dengan memperkenalkan Smasung Galaxy Fold, di samping trio Galaxy S10. Handphone ini dikabarkan datang ke pasar dalam waktu dua bulan ke depan. 

Galaxy Fold memakai layar besar 7,3 inci Infinity Flex Display. Perangkat ini menggabungkan konsep ponsel dengan tablet dalam satu perangkat. 

Saat ditutup, Galaxy Fold memang nampak seperti smartphone pada umumnya dengan layar depan 4,6 inci HD+ Super AMOLED (21:9). Namun begitu dibuka, Galaxy Fold berubah wujud menjadi tablet 7,3 inci QXGA+ Dynamic AMOLED (4,2:3). 

Pun saat dibuka, ponsel lipat ini masih menampilkan aplikasi yang sama lebih luas saat dalam bentuk tablet. Samsung menciptakan sistem engsel tersembunyi agar tampilan ponsel terlihat mulus seolah tak memiliki sambungan. 


Layar yang lebih besar memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas multifungsi dengan membuka tiga aplikasi sekaligus. Seperti menonton video sambil membalas pesan dan bekerja . 

Samsung memilih chipset 7nm Snapdragon 855 dengan RAM 12 GB dan penyimpanan 512 GB. Semua ini ditenagai dua baterai dengan kapasitas gabungan 4.380 mAh.

Karena ini layar lipat, ada pengaturan kamera yang berbeda. Secara total terdapat 6 kamera pada perangkat ini. Di bagian belakang, Samsung membenamkan lensa ultra-wide 16 MP, lensa wide-angle, dan lensa telephoto yang masing-masing beresolusi 2 MP. 

Sedangkan 3 kamera lain berada 1 di sisi depan dan 2 di bagian dalam. Jadi saat dibuka maupun ditutup, akan selalu terdapat kamera untuk memotret. 


Galaxy Fold sudah mulai bisa dipesan pada 26 April di Amerika Serikat dan 3 Mei di Eropa. Bahkan perangkat juga tersedia dalam versi LTE dan 5G. 

Lalu soal harga, Samsung membanderol perangkat dengan teknologi layar lipat ini seharga USD1.980 atau Rp27,8 juta. Tertarik?