Dinilai Langgar Privasi, Apple Blokir Facebook dan Google


Apple memang terkenal sebagi perusahaan yang berpegang teguh terhadap privasi penggunanya. Bahkan, baru-baru ini Apple mengambil tindakan terhadap dua perusahaan raksasa teknologi yakni Google dan Facebook, karena dianggap telah melanggar privasi pengguna. 

Apple memblokir sertifikat pengembang Facebook yang dianggap memiliki efek merusak aplikasi internal di iOS. Hal serupa juga telah dilakukan Apple kepada Google tak berselang lama setalah kejadian yang dialami Facebook. 

Salah satu sumber menyebutkan bahwa versi awal Google Maps, Hangouts, Gmail, dan aplikasi beta pra-rilis lainnya telah berhenti berfungsi hari ini. 

"Kami bekerja dengan Apple untuk memperbaiki gangguan sementara pada beberapa aplikasi iOS perusahaan kami, yang kami harapkan akan segera teratasi," kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan dilansir The Verge, Jumat (1/2/2019)

Dalam pernyataan sebelumnya saat penghapusan sertifikat Facebook, Apple memang telah memperingatkan bahwa bagi pengembang mana pun yang menggunakan sertifikat perusahaan mereka untuk mendistribusikan aplikasi kepada konsumen akan dicabut sertifikatnya.

Atas tindakan-tindakan ini , jelas, Apple berpegang pada aturan yang mereka buat dan menerapkannya tanpa pandang bulu meski kedua perusahaan tersebut tergolong perusahaan raksasa.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Facebook menggunakan aplikasi yang bisa diartikan sebagai 'mata-mata' untuk pengguna iOS dan Android terhadap semua hal yang mereka lakukan. Tak sampai 24 jam, Apple menemukan Google juga menggunakan aplikasi serupa. 

Meski keduanya telah meminta maaf dan menonaktifkan aplikasi tersebut, Apple tetap menindak tegas dengan menghapus sertifikat keduanya