Tanpa Jendela, Pesawat Ini Tembus Pandang dari Berbagai Sisi


Centre for Process Innovation sedang mengerjakan sebuah pesawat transparan alias tembus pandang yang tidak memerlukan jendela sama sekali. Layar sentuh OLED akan berjalan di kedua sisi yang secara efektif akan membuat semua penumpang merasa seperti mereka sedang duduk dan menatap jendela.

Seperti dilansir dari Avianews, Ide dari pesawat ini terkenal karena menghapus semua jendela dan menggantinya dengan layar teknologi canggih untuk menampilkan exterior environment dari dalam menggunakan kamera external.

Layar OLED terbuat dari bahan organik yang memiliki kapasitas untuk memproyeksikan cahaya ketika dirangsang oleh gelombang listrik. 

Meskipun tampaknya rumit, ini adalah teknologi yang sama yang ada pada semua gadget yang kita gunakan sehari-hari. Kita mungkin akan memiliki ponsel berteknologi tinggi bahkan sebelum pesawat ini dibuat dan mulai digunakan.

Berkat perkembangan ini, semua orang di pesawat sekarang dapat menikmati pemandangan indah di sekitar mereka dan tidak ada yang harus terburu-buru melalui check-in berharap mendapatkan kursi jendela yang didambakan. Layar akan memproyeksikan secara real time apa yang terjadi di luar dengan segera.

“Kami memikirkan idea yang penuh kontroversial ini namun menarik karena menghapus jendela dari cabin pesawat dan menggantinya dengan layar untuk dapat melihat ke luar akan menurunkan berat pesawat, konstruksi akan lebih cepat dan membuka spektrum yang besar untuk kemungkinan desain interior.” tulis Centre for Process Innovation.

Seperti semua ide lainnya, yang satu ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Suatu isu telah dikemukakan tentang apakah orang akan merasa nyaman dengan paparan cahaya yang meningkat, serta beberapa masalah yang mungkin timbul lainnya.