Sederet Hal Sepele yang Sering Dilakukan Ini Punya Efek Menurunkan IQ


Sadar atau tidak sadar, banyak hal yang bisa menurunkan tingkat kecerdasan kita dalam kehidupan lho. Sederet Hal Sepele yang Sering Dilakukan Ini Punya Efek Menurunkan IQ…

Ada beragam tips dan trik yang diketahui bisa meningkatkan IQ. Namun tidak banyak yang tahu, bahwa sesungguhnya juga ada berbagai hal yang berpotensi menurunkan IQ. Uniknya lagi, kegiatan ini justru yang mungkin kerap kita lakukan sehari-hari.

Berbagai penelitian juga telah membuktikan dampak dari kegiatan ini terhadap IQ seseorang. Jadi, berhati-hati lah kalau kamu gak mau IQ-mu turun, hindari ketujuh kegiatan ini atau lakukan dengan cara berbeda!

1. Mengunyah Permen Karet
Sebuah studi yang dilakukan oleh Cardiff University menemukan bahwa fungsi memori jangka pendek dapat terganggu akibat dari mengunyah permen karet. Secara tidak langsung, aktivitas mengunyah permen karet dapat berdampak pada IQ seseorang karena proses identifikasi dan pengurutan objek. Ketika kamu mengunyah permen karet, kedua proses tersebut yang difungsikan oleh memori jangka pendek menjadi terganggu, alhasil bisa mempengaruhi kecerdasanmu.

2. Nonton Reality Show
Hiburan yang ditawarkan reality show ternyata gak seberapa dengan dampak yang dihasilkannya. Dilansir dari The Telegraph, salah satu jenis acara populer ini tanpa disadari dapat memengaruhi perilaku penontonnya. Hal ini secara tidak langsung berdampak pada fungsi kognitif di otak yang akhirnya mempengaruhi cara berpikir.

3. Sering Begadang
Selain kurang baik untuk kesehatan, begadang juga gak baik untuk fungsi otakmu. Dilansir dari TIME, kurangnya waktu tidur disinyalir dapat menganggu fungsi kognitif seseorang. Gak tanggung-tanggung, kekurangan waktu tidur sebanyak satu jam saja sudah merusak dua tahun proses perkembangan kognitif lho!

4. Terlalu Sering Meeting atau Rapat
Rapat atau meeting tentunya sudah menjadi kegiatan rutin dalam berbagai pekerjaan. Namun ternyata, sesungguhnya rapat bisa mempengaruhi kinerja otak seseorang. Penelitian dari Virginia Tech Carilion Research Institute berhasil membuktikan kalau melakukan rapat dapat berdampak buruk bagi intelegensi seseorang. Rapat diketahui dapat menurunkan fungsi bagian prefrontal cortex yang berperan dalam penyelesaian masalah dan turut mempengaruhi IQ seseorang.

5. Multitasking
Dibuktikan dari penelitian oleh Stanford University, bahwa mengerjakan berbagai perkerjaan secara bersamaan ternyata juga berpotensi menurunkan IQ-mu. Disinyalir, ternyata otak kita tidak memiliki kemampuan untuk memproses berbagai informasi di waktu informasi. Orang yang gemar multitasking diketahui tidak memiliki kendali baik terhadap memori dan juga konsentrasi. Akhirnya yang dirugikan adalah otak dan fungsi kognitifnya.