RX15 Tuntutan Nyata Pecinta RX Series kepada Yamaha


Motor Yamaha RX Series memang benar-benar melegenda dan masih banyak diminati konsumen. Bahkan baru-baru ini beredar design motor yang mirip RX King di Indonesia dan RD350 di India yakni RX15.

Secara visual gambar yang dibuat Autologue Design dengan bagian depan menggunakan lampu bundar dengan lis krom, membuat tampilannya motor yang dijuluki RX15 ini pun menjadi retro menyerupai RX Series. Baca : Bermesin 4 Tak, Bukti Yamaha Mati-Matian Ulang Kesuksesan RX King

Selain itu panel instrumennya juga semakin menambah kesan klasik dari motor ini. Tangki hingga bodi-bodinya dibuat simpel ala Yamaha RX100 tapi untuk rangka, mesin dan kaki-kaki pakai punya R15.

Terbukti dari rangkanya yang masih bermodel delta box hingga garpu depan upside down. Baca Juga: Nasib Yamaha RX King Tidak Semujur Suzuki Hayabusa

Untuk rodanya kini menggunakan pelek jari-jari biar terkesan klasik tapi sudah diberi rem cakram depan belakang seperti motor modern saat ini. Bahkan untuk knalpot pun motor ini masih menggunakan bawaan dari Yamaha R15.

Mesin dipertahankan dari YZF-R15 V2.0 mesin 149,0 cc, silinder tunggal, berpendingin cairan yang menghasilkan daya 16,7 bhp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm pada 7.500 rpm. 

Rem cakram di kedua ujungnya memberikan daya henti. Pengaturan suspensi telah menerima peningkatan, dan tugas penyerapan goncangan dilakukan dengan garpu terbalik di bagian depan. Bagian belakang terus menampilkan suspensi monoshock.

Kemiripan R15 dengan RX Series tak membuat Yamaha maupun Autologue Design memiliki niat untuk membuatnya.