Pemilik Restoran Sushi Ini Beli Tuna Seharga Rp 44 Miliar, Kemahalan?


Pemilik restoran sushi Jepang mencatatkan rekor pembelian termahal ikan Tuna sirip biru. Tak tanggung-tanggung, ia harus merogoh kocek USD 3,1 juta atau kurang lebih Rp 44,23 miliar (estimasi rupiah 14.270 per dolar AS).

Dikutip dari CNBC, Minggu (6/1/2019), harga jual tuna sirip biru dalam lelang perdana 2019 di pasar ikan Tokyo, Jepang ini melebihi rekor tertinggi yang tercipta pada 2013 lalu tepatnya lima kali lipat lebih mahal. 

Kiyoshi Kimura, yang memiliki rantai bisnis restoran sushi Sushizanmai, membayar membayar 333,6 juta yen atau USD 3,1 juta untuk ikan tuna dengan berat 278 kg. Ikan tersebut ditangkap di lepas pantai prefektur Aomori Jepang utara.

"Ikan Tuna itu terlihat sangat lezat dan sangat segar, tetapi sepertinya saya membelinya terlalu mahal," kata Kimura kepada wartawan.

Ia mengatakan, semula ia memperkirakan harga ikan tuna tersebut di kisaran 30 juta yen atau paling mahal 60 juta yen. " tetapi pada akhirnya lima kali lebih mahal," jelas dia.

Kimura memegang rekor harga tertinggi yang dibayarkan untuk seekor ikan di lelang tahun baru selama enam tahun berturut-turut hingga 2017. Namun tahun lalu, pemilik rantai restoran ikan yang berbeda membayar harga tertinggi.

Setelah pelelangan, ikan itu dibawa ke salah satu cabang Sushizanmai yang berlokasi di pasar lama Tsukiji.

Ikan Tuna banyak digunakan dalam sushi, tetapi para ahli memperingatkan meningkatnya permintaan telah menjadikan spesies ini terancam punah.