Newcastle United Runtuhkan Kedigdayaan Manchester City


Laga ke-100 Pep Guardiola di Liga Inggris berakhir tragis. Bertamu ke markas Newcastle United di St James Park, Manchester City kalah dengan skor 1-2, Rabu (30/1/2019) WIB.

City yang menurunkan skuat utamanya tidak membutuhkan waktu lama untuk membuka keran gol. Laga baru berjalan 24 detik, Sergio Aguero sudah berhasil menggetarkan gawang Newcastle, yang dikawal Dubravka.

City berhasil memertahankan keunggulan 1-0 hingga interval pertama usai. Di babak kedua, Newcastle yang berambisi menghindari zona merah alias degradasi tampil lebih agresif.

Terbukti, Newcastle mampu menyamakan kedudukan di menit 66 melalui gol yang dicetak Salomon Rondon. Pep Guardiola mulai melakukan pergantian pemain. Leroy Sane yang kurang memberikan kontribusi di pertandingan ini ditarik keluar dan digantikan oleh Gabriel Jesus di menit 75.

Lima menit pasca pergantian pemain, City justru kebobolan. Ini tidak lepas dari kecerobohan Fernandinho yang menjatuhkan Sean Longstaff di dalam kotak dan Matt Ritchie, yang mengeksekusi penalti sukses menggetarkan gawang Edersen pada menit 80.

Meski di sisa waktu pertandingan City mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun tidak ada gol tambahan tercipta. Dengan demikian, rentetan 22 catatan tak terkalahkan melawan Newcastle pun terhenti.

Kekalahan ini membuat City gagal mengejar defisit poin dari pemuncak klasemen sementara Liverpool. Klub berjuluk The Citizens masih tertahan di peringkat kedua dengan raihan 56 poin atau tertinggal empat angka dari The Reds.