Manchester City vs Liverpool: Siapa Terjungkal?


Manchester City akan menjamu Liverpool di pekan ke-21 Liga Inggris 2018/2019. Pertandingan tersebut tidak cocok disebut penentuan gelar mengingat musim kompetisi masih cukup panjang. Tapi, siapa pun yang menang bakal menjadi favorit juara tahun ini. 

Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion Etihad, Manchester, Jumat (4/1/2018) dini hari waktu Indonesia. RCTI juga akan menayangkan secara langsung pertandingan tersebut sejak pukul 02.30 WIB. 

Manchester City saat ini berada di posisi ketiga klasmen dengan koleksi 47 angka, tertinggal tujuh poin di belakang Liverpool. Artinya, bagi The Citizens kemenangan akan memperkecil jarak mereka menjadi empat angka di belakang The Reds. 

Liverpool sendiri berada di puncak klasemen dengan rekor tidak terkalahkan di liga, mereka sudah memenangkan 17 pertandingan dan tiga kali menelan kekalahan. Tercatat sebagai salah satu musim terbaik The Reds. Dengan kata lain, Manchester City punya peluang merusak rekor Si Merah.

Pertanyaannya, mampukah Manchester City memutus rekor positif Liverpool? Sebagai gambaran, Manchester City baru satu kali menang dalam delapan pertandingan melawan The Reds. Tepatnya ketika The Citizens membantai Liverpool 5-0 di Stadion Etihad, 9 September 2017 lalu. 

Sejak saat itu, Liverpool seperti belajar dari kesalahan. Si Merah tidak lagi terkalahkan saat menghadapi Manchester City di empat pertandingan terakhir. Namun di laga teranyar kedua tim bermain imbang tanpa gol di Stadion Anfield, 7 Oktober 2018. 

"Liverpool saat ini mungkin masih menjadi tim terbaik di Eropa, atau di bahkan di dunia mengingat performa mereka," kata pelatih Manchester City, Pep Guardiola dikutip BBC Sports. 

Sementara itu, pelatih Liverpool -Juergen Klopp- menolak anggapan yang menyebut timnya sebagai unggulan di pertandingan. Jika argumennya adalah peringkat, Klopp secara mentah-mentah menolak anggapan itu. 

"Ketika kami bertandang ke Manchester City tahun lalu, apakah Anda pikir saya berkata di ruang ganti 'kami yang keempat, mereka yang pertama' itu tidak penting," kata Klopp. 

Prakiraan Susunan Pemain 

Manchester City (4-3-3): Ederson; Laporte, Kompany, Stones, Walker; David Silva, Fernandinho, Bernardo Silva; Sane, Aguero, Sterling. Manajer: Josep Guardiola.

Liverpool (4-3-3): Alisson; Robertson, Van Dijk, Lovren, Alexander-Arnold; Keita, Henderson, Wijnaldum; Mane, Firmino, Salah. Manajer: Jurgen Klopp.