Lionel Messi Ukir Sejarah Baru, Menguntit Cristiano Ronaldo


Lionel Messi menggarisbawahi namanya sebagai pemain pertama yang berhasil mencetak 400 gol dalam 435 penampilannya bersama Barcelona di Liga Spanyol. Catatan itu muncul setelah La Pulga menyumbangkan satu gol kemenangan The Blaugrana 3-0 atas Eibar di Camp Nou, Senin (14/1/2019) WIB. 

Dalam pertandingan melawan Eibar, Luis Suarez membuka daftar skor di babak pertama sebelum Messi menggandakan keunggulan di menit ke-53. Pemain Uruguay itu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 59. 

Saat ini kedua bomber maut Barcelona itu bersaing dalam daftar pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol. Messi berada di urutan pertama dengan torehan 17 gol, sedangkan Suarez mengekor di peringkat kedua dengan 14 gol. 

Messi sejauh ini telah mengumpulkan 23 gol di semua kompetisi bersama Barcelona. Total, pemain bertubuh mungil asal Argentina itu telah membukukan 575 gol untuk klub di semua kompetisi.

Selama tampil di kompetisi domestik (La Liga), Messi paling doyan mencetak gol ke gawang Sevilla. Total, sudah 25 gol yang dicetak pemain berusia 31 tahun tersebut.

Meskipun demikian, dalam sejarah lima liga top Eropa, torehan 400 gol yang disumbangkan pemain bernomor punggung 10 itu masih belum mampu mengalahkan rekor musuh bebuyutannya Cristiano Ronaldo.

Messi masih berada di urutan kedua (400 gol) atau hanya tertinggal sembilan gol dari Ronaldo. "Itu akan menjadi statistik yang mencengangkan jika dia hanya pencetak gol, tapi dia jauh lebih dari itu. Kami diberkati untuk hidup di masanya," tulis legenda Barcelona Gary Lineker dalam akun Twitter-nya.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Liga Spanyol

1. Lionel Messi 
400 Gol - 435 Pertandingan

2. Cristiano Ronaldo
311 gol - 292 Pertandingan

3. Telmo Zarra 
251 gol - 278 Pertandingan