Kelebihan USB Type C


Apa sih, USB Type-C itu?

Semua perangkat gawai, tentunya punya konektor USB sebagai perangkat koneksi data. Saat ini, konektor USB yang kita gunakan umumnya ada tiga tipe. Ini meliputi USB Tipe A, yang digunakan di berbagai perangkat PC sepert USB Modem dan USB Flashdrive; USB Type-B untuk  printer, scanner, dan mostly untuk smartphone saat ini; serta yang akhir-akhir ini naik daun USB Type-C atau USB versi 3.1, yang merupakan penerus dari USB versi 2.0 dan 3.0.

KELEBIHAN

1. Desain yang lebih ramping dan antiterbalik!
Kamu mungkin kerap mendengar keluhan kalau konektor USB itu paling sering terbolak-balik. Kerepotan ini nggak akan terjadi di USB ini, karena konektor ini didesain antiterbalik. Alias, nggak ada atas-bawah. Jadi, dari arah manapun kamu mencolok, nggak masalah.

2. Transfer data lebih cepat
Dibandingkan dengan pendahulunya–USB 2.0 dengan kecepatan transfer data di angka 480 mbps–USB 3.1 sudah mencapai 10 gbps. Beda jauh, ya? Namun, syaratnya yaitu bila kedua perangkat sudah sama-sama menggunakan USB Type-C. Kalau salah satunya masih USB seri bawah, belum akan semaksimal itu.

3. Bisa fast charging
Digunakan untuk ngecas, USB Type-C bisa mengisi daya HP lebih cepat, hingga 2,20V pada arus 5A. BAndingkan dengan USB 2.0 yang hanya mampu mentransfer daya hingga 2,5V pada arus 1,8A. Apalagi jika handphone sudah memiliki fitur fast charging, makin cepat terisi, deh!

4. Awet, bisa cabut-pasang hinggal 10 ribu kali
Daya tahan konektor ini juga sangat baik. Jika USB tipe sebelumnya hanya bisa dipakai maksimal 1500 kali cabut-pasang, USB Type-C bisa untuk 10 ribu kali. Jadi, nggak perlu khawatir cepat rusak karena terlalu sering transfer data atau mengisi baterai HP.

5. Media converter untuk gambar beresolusi tinggi ke TV/Proyektor
Kalau kamu sering presentasi menggunakan proyektor, USB Type-C akan sangat membantu. Karena bisa menampilkan suara atau gambar ke proyektor atau televisi hingga resolusi 4K, dengan bantuan konektor tambahan seperti port HDMI, display port, DVI, dan VGA. Selain itu, berfungsi sebagai analog headset dengan menggunakan audio adapter accesories dengan jack berukuran 3.5mm.

6. Bisa tampilkan Gambar Beresolusi 4K
Kelebihan USB Type-C yang tak kalah keren adalah kemampuan untuk menampilkan gambar dan sura ke perangkat layar lebih besar, seperti TV atau Proyektor. Bahkan resolusi yang bisa ditampilkannya mencapai resolusi 4K. Namun dibutuhkan konektor tambahan apabila kita ingin mencoba menguhubungkan smartphone berteknologi USB Type-C keperangkat berlayar besar, karena rata-rata TV atau Proyektor memakai port VGA, atau HDMI. Nah itulah beragam kelebihan USB Type-C yang wajib sobat deteknokers ketahui, bagaimana apakah sobat tertarik mencoba kehebatannya ?