Ini Ikan Asal RI yang Paling Laris di Pasar Ekspor


Jakarta - Indonesia saat ini tengah mengupayakan peningkatan ekspor di sektor perikanan. Maka dari itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menjalin kerja sama dengan pemerintah Jepang untuk mencapai tujuan tersebut.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Rifky Effendi Hardijanto mengatakan varietas udang merupakan andalan ekspor ke luar negeri, dengan pasar utamanya yaitu Amerika Serikat (AS). Bahkan nilai ekspornya mencapai US$ 1,7 miliar setara dengan Rp 24,6 triliun (kurs 14.500).

"Dari sisi value itu pertama udang sekitar US$ 1,7 miliar, pasar utama kita masih Amerika dan harapan kita akan semakin meningkat dengan Jepang karena adanya kerja sama ini," jelasnya di Kantor pusat KKP, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Selain udang, produk yang menjadi andalan Indonesia adalah varietas tuna, di mana nilai ekspor mencapai sebesar US$ 600 juta atau setara Rp 870 triliun.

"Kedua tuna, itu US$ 600 juta, market utama kita Amerika dan Jepang, harapan kita dengan bekerja sama seperti ini kita bisa memperoleh dukungan dari pemerintah Jepang dalam bentuk penurunan tarif, ini bisa membuat iklim investasi bagi perusahaan-perusahaan Jepang lebih menarik lagi," tuturnya.

Selain udang dan tuna, terdapat beberapa produk lain yang menjadi produk unggulan ekspor Indonesia. Salah satunya adalah rajungan kepiting, cumi-cumi hingga ikan tongkol.

"Ketiga adalah rajungan kepiting, keempat adalah cumi-cumi dan gurita, yang kelima rumput laut, baru yg keenam cakalang dan tongkol," tutupnya.