Foto Ahmad Dhani Bersama Para Narapidana di Penjara Beredar

Musikus sekaligus aktivis Ahmad Dhani tampak duduk di antara narapidana di Lapas Cipinang pada Senin, 28 Januari 2019. Ahmad Dhani ditahan di Lapas Cipinang seusai hakim menjatuhkan vonis hukuman 1,5 tahun penjara. Foto: Istimewa
Jakarta - Sejumlah foto yang menampilkan kondisi terakhir musikus sekaligus aktivis Ahmad Dhani di dalam sel tahanan beredar di dunia maya. Dhani dijebloskan ke penjara setelah divonis bersalah dalam kasus ujaran kebencian dan dihukum 1 tahun 6 bulan penjara oleh hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa sore, 28 Januari 2019.

Hakim menyebut, Dhani terbukti melakukan tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan. Ujaran yang dianggap menyinggung salah satu ras dan golongan tersebut ia cuitkan melalui akun Twitter resminya.

Foto terkini Dhani dibagikan oleh Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Dahnil Anzar Simanjuntak melalui akun Instagram dan Twitter pribadinya pada Selasa petang. "Saya dan semua anggota BPN berdoa dan yakin mas @AHMADHANIPRAST (Ahmad Dhani) kuat dan tegar," tulis Dahnil dalam Instagram-nya.

Dalam foto yang diunggah Dahnil, Dhani tampak duduk di atas karpet berwarna biru. Ia mengenakan blangkon, juga kaus dan celana jins dengan warna gelap senada. Dhani terlihat melantai bersama belasan orang yang diduga narapidana.

Musikus sekaligus aktivis Ahmad Dhani tampak duduk di antara narapidana di Lapas Cipinang pada Senin, 28 Januari 2019. Ahmad Dhani ditahan di Lapas Cipinang seusai hakim menjatuhkan vonis hukuman 1,5 tahun penjara. Foto: Istimewa
Pada foto itu, Dhani menampilkan potret wajah tersenyum. Matanya melihat ke arah kamera. Sedangkan tangannya santai dipangku oleh lutut yang ditekuk ke atas. Sementara itu, badannya bersandar pada tembok yang bercat hitam.

Kepada Tempo, Dahnil mengkonfirmasi kebenaran foto tersebut. Menurut dia, Dhani memang tengah berada di antara narapidana. "Iya (bersama napi)," kata Dahnil melalui pesan pendek.

Dahnil kemudian mengirimkan foto yang sama seperti yang ia unggah di media sosialnya. Ia lantas menunjukkan dua foto Dhani lainnya. Pada foto kedua, Dhani terlihat berada di ruangan yang sama dengan foto pertama, yakni di antara para napi. Bedanya hanya pada sudut pengambilan gambar.

Sedangkan pada foto kedua, Dhani terlihat sedang berada di antara petugas berbaju biru. Ia tampak masih memakai blangkon hitam dengan kemeja warna putih dan dasi hitam. Dhani juga kelihatan tengah menelepon seseorang.

Dahnil mengizinkan foto tersebut tayang. "Silakan (ditayangkan)," ujarnya. Namun, kala ditanya soal kondisi terakhir Dhani, mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Muhammadiyah itu tak merincinya. "Saya belum dapat informasinya," ucap Dahnil.

Dhani sebelumnya dilaporkan ke polisi pada Kamis, 9 Maret 2017, oleh pendiri BTP Network, Jack Lapian. Dalam laporannya, Jack Lapian membawa bukti berupa tangkapan layar kicauan Dhani di media sosial.