91 FAKTA MENARIK TENTANG INDONESIA


1. Nama “Indonesia” berasal dari bahasa Latin, “Indus”, yang artinya “India”, dan dari bahasa Yunani “nesos” yang artinya “Pulau”. Indonesia pada mulanya dinamakan Kepulauan India atau (Indian Archipelago) atau Kepulauan India Timur.

2. Nama “Indonesia” diciptakan pada tahun 1850-an oleh James Logan, seorang editor Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia yang terbit di Singapura, sebagai bentuk singkat yang sama dengan istilah “Kepulauan India”

3. Semboyan Indonesia adalah “Bhinneka Tunggal Ika” (Berbeda-beda tetapi tetap Satu)

4. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, yang terdiri dari 17.508 pulau, dan masih ada 6000 pulau yang belum berpenghuni.

5. Warna bendera Indonesia menyerupai negara Polandia dan Monaco. Bahkan bendera Indonesia sama dengan bendera Monaco tetapi beda ukurannya.

6. Dengan 238 juta penduduk, Indonesia menjadi negara keempat paling padat penduduknya di dunia, setelah Cina, India, dan Amerika. Pulau Jawa adalah paling padat penduduknya, dengan jumlah penduduk mencapai 140 juta jiwa.

7. Indonesia adalah negara terbesar ke-4 di dunia.

8. Indonesia mempunyai garis pantai terpanjang kedua (54.000 km) di dunia setelah Kanada.

9. Indonesia mempunyai penduduk muda terbesar di dunia, dengan 165 juta penduduk di bawah usia 30 tahun dan hanya 8% penduduk yang berusia di atas 60 tahun.

10. Columbus yakin bahwa dia telah sampai bukan di India tetapi di kepulauan Indonesia. Pada waktu itu, Indonesia dan seluruh Asia Tenggara dikenal di Eropa dengan nama “Indies” atau Hindia, sedangkan India dikenal dengan nama “Hidnustan”.

11. Marco Polo adalah orang Eropa pertama yang mengunjungi Indonesia pada tahun 1292.

12. Indonesia adalah penguasa superpower regional Asia Tenggara sebelum dijajah Belanda. Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit menguasai seluruh Asia Tenggara.

13. Indonesia pada masa penjajahan awalnya bernama Hindia Belanda (Dutch East Indies)

14. Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun.

15. Pada masa penjajahan terutama penjajahan Belanda pada abad ke-17, Indonesia diperkanalkan budidaya tanaman perdagangan di Jawa, seperti tebu, karet, the dan kopi. Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20 kopi Jawa terkenal di seluruh dunia. itulah mengapa nama “Jawa” (Java) disamakan dengan kopi.

16. Pada tahun 1674, Manhattan dijual dari Belanda kepada Inggris untuk ditukar Pulau Run, yaitu pulau di Indonesia yang sekarang tidak berpenduduk.

17. Bunga Kimilsungia sebagai simbol rezim Korea Utara, adalah berasal dari Indonesia. Pada tahun 1964 saat pemimpin Kore Utara mengunjungi Indonesia, presiden Indonesia memberi hadiah jenis anggrek baru dan dinamainya dengan pemimpin Kore Utara tersebut (Kim Il Sung)

18. Kepulauan Indonesia membentang di atas Ring of Fire Pasifik yang terletak di Pasifik Barat. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan dilaporkan terjadi setidaknya tiga kali gempa bumi ringan setiap harinya.

19. Indonesia merupakan salah satu dari negara dengan penduduk paling pendek di dunia, yang rata-rata tingginya hanya 1,58 meter

20. Indonesia menjadi anggota PBB pada tahun 1950 dan sebagai negara yang menandatangani berdirinya ASEAN Free Trade Agrement, kelompok Cairns, dan WTO.

21. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Indonesia. Di samping itu Indonesia memiliki 700 bahasa lain. Bahasa Indonesia banyak menyerap bahasa asing,misalnya  dari bahasa Arab, Belanda, Portugis, dan bahasa lainnya.

22. Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pernah menyuruh arsitek Kristen untuk membangun masjid terbesar di Indonesia, yaitu Masjid Istiqlal. Di samping itu dia juga disuruh membangun katedral dan gereja sebagai simbol solidaritas dan toleransi agama.

23. Java (Jawa) menjadi bahasa slang untuk istilah kopi (coffe), karena biji kopi tumbuh di pulau Jawa. Perkebunan kopi dan kebiasaan minum kopi diperkenalkan oleh Perusahaan Hindia Belanda pada tahun 1696.

24. Lada atau merica diperkenalkan ke Indonesia melalui pulau Sumatera dan Jawa dari India Selatan sekitar tahun 600 SM.

25. Pada saat Perang Dunia II Jepang menjajah Indonesia dari tahun 1942 sampai 1945.

26. Menurut laporan PBB, terdapat korban 4 juta jiwa di Indonesia saat pendudukan Jepang di Indonesia selama Perang Dunia 2.

27. Olahraga terkenal di Indonesia adalah badminton, sepakbola, bola volly, dan lain-lain.

28. Indonesia adalah penghasil gas rumah kaca paling buruk  di dunia.

29. Indonesia adalah negara dengan tingkat penggundulan hutan tertinggi di dunia diikuti oleh Brazil.

30. Indonesia adalah satu-satunya negara di dunia yang dilalui garis Katulistiwa persis di tengah-tengah dan membagi dua kepulauan Indonesia.

31. Dengan kekayaan flora dan faunanya, Indonesia menjadi negara kedua setelah Brazil dengan keanekaragaman biodiversiti tertinggi di dunia.

32. Indonesia adalah surganya bagi para peneliti flora dan fauna. Pada tahun 2010 saja ditemukan 200 spesies baru hewan.

33. Taman Nasional atau Cagar Alam Lorentz adalah situs UNESCO World Heritage, yang terdapat di Papua yang luasnya mencapai 9.674 mil persegi. Tempat ini menjadi tempat beragam ekosistem, seperti mangrove, hutan hujan, tundra, dan glasier katulistiwa. Di sana terdapat 123 spesies mamalia dan 630 spesies burung, dan sebagaian wilayahnya belum terjamah. Puncak tertingginya adalah Puncak Jaya, yang termasuk dalam salah satu gunung tertinggi di dunia. pegunungan Puncak Jaya juga menjadi puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 meter.

34. 3 dari 10 pulau paling besar di dunia terdapat di Indonesia, yaitu pulau Borneo (Kalimantan), Papua, dan Sumatera.

35. Meski menjadi salah satu anggota dari G20, namun setengah dari penduduk Indonesia masih berpenghasilan kurang dari US$2 per hari.

36. Indonesia adalah salah satu penghasil buah pala terbesar di dunia, yang paling banyak ditemukan di Pulau Banda.

37. Istilah bahasa Inggris, “ketchup” berasal dari bahasa Indonesia “kecap”, yaitu nama untuk saus manis dari kedelai.

38. Istilah bahasa Inggris “run amok” berasal dari kata dasar bahasa Indonesia, “Amok” yang berasal dari istilah “mengamuk”, yang diterjemahkan dengan “menjadi sangat marah dan nekat” akibat dari keyakinan spiritual terdalam. Tindakan ini dipercaya disebabkan oleh hantu belian, yaitu ruh harimau jahat yang merasuki tubuh dan menyebabkan seseorang berubah menjadi beringas dan bengis.

39. Orang utan jantan dewasa liar hanya ditemukan di Pulau Borneo (Kalimantan) dan Sumatera.

40. Badak Jawa adalah salah satu spesies yang hanya ditemukan di Indonesia. Pada tahun 2011, International Rhino Federation mengumumkan bahwa badak Jawa menuju kepunahan, yang jumlahnya sekarang hanya 50 ekor yang hidup di Ujung Kulon di pulau Jawa.

41. Agama Islam dipeluk oleh 87,2% (202 juta) penduduk Indonesia, yang menjadikan Indonesia sebagai negara mayoritas muslim terbesar di dunia.

42. Meski Indonesia itu mayoritas Islam tetapi Indonesia bukan negara agama.

43. Indonesia hanya mengakui 6 agama, yaitu Islam, Hindu, Buddha, Katolik, Protestan, dan Konghucu. Setiap warga negara harus memeluk salah satu dari keenam agama tersebut

44. Meski mayoritas muslim di Indonesia, namun mayoritas Hindu terdapat di pulau Bali. Di sana kita bisa menyaksikan pagelaran wayang kulit dan taria-tarian yang indah.

45. Indonesia melarang paham atheisme (tidak bertuhan) dan Komunisme.

46. Pada Januari 2012, Alexander Ann ditangkap dan dipenjara selama 2,5 tahun karena mengunggah komentar tentang atheis dan kebencian agama di Facebook

47. Anak-anak di bali diberi nama sesuai dengan urutan kelahiran. Anak pertama akan dinamai Wayan, anak kedua Made, anak ketiga Nyoman, dan anak keempat dinamai Ketut. Apabila lehir anak kelima maka akan berulang lagi namanya dari pertama dan seterusnya.

48. Tempat-tempat menarik di Bali adalah Pantai Kuta, Pantai Sanur, Ubud, Kampung Kerajinan Batu Bulan untuk kerajinan dari batu, Celuk untuk perak, Sukawati untuk pasar seni, Batuan untuk lukisan, dan Mas untuk kerajinan ukiran kayu. Tempat menarik lainnya adalah Gunung Agung dan Gunung Batur, Tanjung Bukit, Nusa Penida, Danau Kintamani, Bedugul, Trunyan, Sangeh, Pura Besakih, Tanah Lot, Kebun Raya Bali, dan Candi Puru Ulun Danu.

49. Di daerah Trunyan, di tengah danau batur, mayat-mayat tidak dibakar dan tidak dikuburkan tetapi digeletakkan di bawah pohon ajaib yang menyerap bau mayat.

50. Tempat-tempat menari di pulau Sumatera adalah Pusat Rehabilitasi Orang Utan di Bukit Lawang dan Cagar Alam Gunung Leuser yang mempunyai 3000 spesies tumbuhan dan 300 spesies burung. Di dalamnya terdapat harimau, badak, gajah, dan orang utan, ditambah primata seperti siamang dan kera berdada putih, Thomas Leaf Monkey. Tempat lainnya adalah Bukittinggi, di ketinggian 930 m di atas permukaan laut di Tebing Ngarai Siank. Tempat ini menjadi pusat budaya Minangkabau.

51. Kera belalai terkenal di Indonesia dengan nama “Kera Belanda” karena disamakan dengan orang Belanda yang mempunyai perut dan hidung yang besar. (:D)

52. Tempat menarik di Nusa Tenggara adalah Lombok. Di sana terdapat banyak pantai yang indah dengan air yang jernih dan berpasir putih yang tidak ditemukan di Bali. Di sana juga kita bisa hiking dengan mendaki Gunung Rinjani. Di sana juga terdapat pulau Komodo dan Rinca, yaitu rumah bagi Komodo, yang panjangnya mencapai 3 m dan seberat 100 kg

53. Sumba adalah pusat budaya paling menarik di Nusa Tenggara, yang terkenal dengan tenun Ikat nya, batu peninggalan zaman megalitikum, dan festival Pasola tahunan.

54. Tempat-tempat menarik di Sulawesi adalah Tana Toraja, Taman Nasional Lore Lindu, Danau Poso, dan keindahan karang di Pulau Bunaken, yang menjadi tempat surganya menyelam dan snorkeling.

55. Tempat menarik di Maluku adalah Pulau Banda, yang menjadi tempat karang dan pantai yang menarik dan tempat yang cocok untuk diving dan snorkeling. Tempat menarik lainnya adalah Pulau Kai yang dikenal juga dengan nama Kepulauan Seribu yang terkenal dengan pantianya yang indah.

56. Tempat menarik di Kalimantan adalah Pusat Rehabilitas Orang Utan di Tanjung Harapan dan Camp Leakey di Taman Nasional Tanjung Putting, Sungai Mahakam, dan pasar terapung di Banjarmasin di Sungai Barito.

57. Tempat menarik di Papua atau Irian Jaya adalah Lembah Baliem, dengan budaya suku Dani yang unik, pulau Biak yang terkenal dengan keindahan pantainya dan peninggalan Perang Dunia II. Tempat menarik lainnya adalah daerah suku Asmat dan Raja Ampat yang terkenal di seluruh dunia.

58. Jakarta adalah ibu kota Indonesia. Jakarta awalnya diberi nama Batavia oleh Belanda. Jakarta menjadi kota terbesar ke-13 di dunia.

59. Jakarta masuk dalam daftar kota paling macet di dunia.

60. Pulau Sumatera awalnya dikenal dengan nama “Swarnadwipa” (Pulau Emas). Kemudian diganti oleh Marco Polo menjadi Sumatera pada catatan tahun 1292 dalam perjalanannya melalui kepulauan Indonesia.

61. Indonesia adalah satu-satunya di dunia sebagai tempat untuk melihat Komodo, yaitu kadal raksasa yang hidup di alam liar. Gambaran Komodo pertama kali dipublikasikan pada tahun 1910 oleh ekspedisi Belanda ke pulau Komodo, dimana dua komodo ditembak dan kulitnya dibawa ke pulau Jawa. Ada teori yang menyatakan bahwa cerita naga Cina berdasar pada naga Komodo.

62. Indonesia menjadi tempat ular terbesar di dunia, yaitu ular Python Reticulates. Ular ini ditemukan di pulau Celebes pada tahun 1912, yang panjangnya mencapai 10 meter.

63. Indonesia adalah tempatnya hewan primata terkecil di dunia, yang dinamakan Tarsier Pygmy atau Mountain Tarsier. Hewan ini panjangnya hanya 10 cm. indonesia juga tempatnya ikan paling kecil di dunia, yaitu Paedocypris progenetica, yang panjangnya hanya 7,9 mm.

64. Salah satu hewan yang paling menarik di Indonesia adalah primata malam kecil yang dinamakan Tarsier. Hewan ini ada di Sulawesi.

65. Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang menjadi anggota OPEC, meski kemudian keluar pada tahun 2008 karena anjloknya harga minyak dunia.

66. Indonesia adalah habitat bagi bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii, yang merupakan bunga yang mempunyai aroma paling menyengat di dunia.

67. Indonesia adalah tempatnya danau vulkanis terbesar di dunia, yaitu Danau Toba, yang berada di Pulau Sumatera yang terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu. Kejadian ini merupakan erupsi ledakan terbesar dalam sejarah dunia dalam 25 juta tahun terakhir.

68. Indonesia mempunyai tiga danau dengan air yang berwarna-warni, yaitu Danau Kalimutu di Nusa Tenggara. Air ketiga danau tersebut warna berubah secara bergantian dari biru kehijauan ke hijau, merah dan hitam, yang disebabkan oleh gas vulkanis yang bereaksi dengan mineral yang terdapat dalam air.

69. Gunung Krakatau adalah situs erupsi gunung berapi terbesar yang pernah dicatat dalam sejarah. Terjadi pada 27 Agustus 1883, ledakannya setara dengan 2000 kali bom atom Hiroshima dan membunuh 36.000 jiwa manusia. Menyebabkan tsunami setinggi 40 meter yang memporak-porandakan kota-kota dan desa-desa di pesisir pantai. Ledakannya terdengar dari Sri Lanka sampai ke Perth, Australia, dan gelombang ledakannya menyebabkan gelombang tak terlihat di chanel Inggris. Suara ledakannya adalah yang paling menggelegar yang pernah tercatat dalam sejarah.

70. Meletusnya Gunung Krakatau di Indonesia menjadi alasan mengapa langitnya berwarna merah pada lukisan karya Edvard Munch berjudul “The Scream” dari Norwegia.

71. Gunung Tambora adalah salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang terletak di Nusa Tenggara Barat yang pernah meledak pada tahun 1815 dan menjadi ledakan terbesar dalam sejarah. Ledakannya terdengar sejauh 1930 km dan membunuh lebih dari 70.000 jiwa.

72. Akibat meletusnya Gunung Tambora pada tahun 1816 dijuluki “Tahun tanpa Panas”. Kegagalan panen memaksa Joseph Smith meninggalkan Vermont, dan catatan perjalannya dituangkan dalam “The Book of Mormon”, hari-hari redup di Switzerland, yang memaksa Mary Shelley tetap tinggal di rumah dengan menuliskan “Frankenstein”.

73. Ledakan gunung Krakatau menyebabkan langit dipenuhi dengan abu vulkanik yang menjadikan langit gelap selama beberapa hari dan temperatur dunia turun dengan 12º C selama beberapa tahun.

74. Gunung Bromo di Jawa Timur adalah gunung berapi. Gunung Bromo merupakan tempat menarik untuk hiking dengan mengendarai kuda atau jeep.

75. Permainan Congklak yang terkenal di Indonesia awal mulanya beraal dari Mesir sebagai permainan tertua di dunia. Peramainan ini diperkenalkan ke Indonesia oleh para pedagang India dan Arab.

76. Indonesia adalah produsen minyak kelapa sawit (palm oil) terbesar di dunia, yang dapat ditemukan di hampir separo produk-produk yang dipajang di supermarket. Dari mentega kacang sampai sabun untuk kosmetik semua mengandung minyak kelapa sawit dalam berbagai bentuknya.

77. Di kalangan suku Mappurondo di Pulau Kalimantan masih mempraktikkan berburu kepala manusia dalam ritual Pangngae, namun mereka tidak menggunakan kepala manusia lagi dan sebagai gantinya mereka menggunakan buah kelapa dan mensimulasikan perburuannya tersebut.

78. Duku Dani di Papua mempunyai tradisi aneh yaitu dengan memotong satu atau jari wanita saat keluarga dekatnya meninggal. Banyak kaum wanita suku Dani yang tidak mempunyai salah satu jarinya. Namun kebiasaan tersebut sekarang dilarang.

79. Indonesia adalah negara pengekspor terbesar kaki katak (Swikee atau swike). Selama dekade terakhir saja Indonesia mengekspor kaki katak sebanyak 4600 ton setiap tahunnya, besama dengan Perancis, Belgia, dan Belanda sebagai importir kaki katak dari Indonesia.

80. Salah satu ekspor andalan Indonesia adalah Kopi Luwak yang merupakan minuma paling mahal di dunia, dengan harga sekitar US$1.000 per pund nya.

81. Pengikut minoritas agama Hindu ada di pulau Bali. Salah satu kepercayaan Hindu Bali yang dipercaya sampai sekarang adalah jangan biarkan kaki bayi menyentuh langsung tanah selama enam bulan pertama dari kelahirannya untuk mencegah masuknya setan atau ruh jahat ke dalam tubuhnya.

82. Pada tahun 1859, ahli biologi Alfred Russel Wallace menyatakan bahwa kepulauan Indonesia dihuni oleh satu fauna yang berbeda yang berada di timur dan satunya lagi beada di barat. Kemudian dia memperkuat teorinya dengan menggambarkan batas antara dua wilayah. Gambarannya tersebut menjadi terkenal dengan nama “Garis Wallace”, yang membagi Sulawesi denganLombok sampai ke timur dan Kalimantan atau Bormeo dengan Bali sampai ke barat.

83. Fosil “Manusia Jawa” yang terenal dengan nama Homo Erectus ditemukan oleh ilmuwan dari Belanda bernama Eugene Dubois di Pulau Jawa pada tahun 1889. Sejak itu, hanyak ditemukan tulang-tulang purba di Jawa. Homo Erectus diperirakan sudah berusia 1,7 juta tahun.

84. Di pulau Flores pada September 2003, para arkeolog menemukan tengkorak seukuran anak berusia tiga tahun tetapi dengan gigi dan tulang orang dewasa. Mereka menamakannya dengan “Homo floriensis”, dengan sebutan “Hobbit”. Para ahli menyatakan bahwa “Hobbit” adalah bagian dari spesies Homo erectus yang menyeberang dari Afrika sekitar 2 juta tahun yang lalu dan menyebar ke seluruh Asia.

85. Presiden Amerika Barack Obama menghabiskan masa kecilnya di Indonesia, yaitu di daerah Menteng, saat dia masih sekolah di SDN Menteng I. Saat itu dia dipanggil “Barry” oleh teman-temannya.

86. Rokok kretek yang dibumbui cengkeh mencatat 90% dari penjualan rokok di Indonesia. Dipasarkan pertama kali oleh Nitsemito, seorang lelaki asal kota Kudus di Pulau Jawa pada tahun 1906, yang menyatakan bahwa rokok bisa menghilangkan asma. Merek rokoknya Bal Tiga menjadi bisnis terbesar yang dimiliki Indonesia di Hindia Belanda.

87. Di Indonesia ada tradisi Jawa yang dinamakan “Pingit”, yaitu gadis Indonesia yang beusia 12 sampai 16 tahun dilarang keluar dari rumahnya.

88. Perayaan Pasola adalah festival panen paling meriah dan paling berdarah di Asia. Dua kelompok penunggang kuda dengan memegang tombak saling menyerang satu sama lainnya, melemparkan tombaknya ke arah  musuh.

89. Penduduk Papua adalah ras Melanesia dan sangat berbeda dengan ras lainnya di Indonesia. Portugis yang pertama kali menemukan Papua awalnya menamai pulau ini dengan pulau Ilhas dos Papuas, dari bahasa Melayu “Papuwah”(berambut jarang)

90. Burung bulu Surga sudah lama digunakan untuk pakaian tradisional Papua dan menjadi terkenal sebagai aksesoris pakaian orang Eropa sebelum Perang Dunia I sehingga menyebabkan burung ini langka. Perdagangan bulnya dilarang di Indonsia sejak tahun 2000, meski masih banyak diselundupkan ke luar Papua.

91. Candi Buddha Borobudur di Magelang Jawa Tengah adalah candi Buddha terbesar di dunia. candi ini mirip punden berundak-undak yang berdiri setinggi 34,5 meter. Pembangunan candi ini memakan waktu 75 tahun, yang terdiri dari 2.672 relief dan 504 patung Buddha. Borobudur pernah masuk dalam Seven Wonders of the World dan termasuk World UNESCO Heritage Site. Candi besar lainnya adalah candi Prambanan.

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA PAK RESKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand

Reply