FAKTA - FAKTA MENARIK TENTANG THAILAND


1.  Nama Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Thailand adalah satu-satunya negara yang tidak pernah dijajah oleh negara Eropa.

2. Thailand mencatat rekor dunia dalam hal mencuci piring terpanjang pada Mei 2010 ketika 10.488 piring bersih dijajar. Namun rekor tersebut dikalahkan India pada 6 April 2011 ketika India menata piring bersih sebanyak 15,295, setara dengan lebih dari 2.36 mil.

3. Thailand berbagi batas negara dengan empat negara, yaitu Myanmar (dahulu Burma), sampai ke utara dan barat, Laos sampai ke utara dan timur, Kamboja sampai ke Asia Tenggara, dan Malaysia sampai ke selatan.

4. Thailand adalah rumah bagi Buddha emas terbesar dunia, kolam buaya terbesar, restoran terbesar, jembatan suspensi satu rentang terpanjang, dan hotel terpanjang dunia.




5. Mamalia terkecil di dunia, Craseonycteris thonglongyai (semacam kelelawar) ada di Thailand.



6. Thailand adalah negara terbesar ke-51 di dunia. Rusia adalah yang paling besar. Amerika menduduki ketiga negara terbesar dunia.

7. dari 75% penduduk Thailand adalah Thai, 14% adalah orang China, dan 11% penduduk “lainnya”

8. Buddhisme adalah agama terbesar di Thailand dengan 94.6% penduduk memeluk agama tersebut. Pemeluk Islam ada 4.6%, Kristen 0.7%, dan agama lainnya 0.1%.

9. Titik tertinggi di Thailand ada di Doi Inthanon, dengan ketinggian 8,514 kaki (2,595 m) dan juga menjadi tujuan favorit turis. Ternyata, sekitar 12,000 orang mengunjungi puncak tersebut pada setiap pergantian tahun. Titik terendah adalah laut.



10. Nama tempat terpanjang di dunia adalah nama lengkap bangkok, ibu kota Thailand, yaitu: Krungthepmahanakhon Amonrattanakosin Mahintharayutthaya Mahadilokphop Noppharatratchathaniburirom Udomratchaniwetmahasathan Amonphimanawatansathit Sakkathattiyawitsanukamprasit. Artinya adalah “Kota Malaikat, Kota Keabadian Agung, Kota Sembilan Mutiara yang Menawan, Tempat Duduk Raja, Kota Istana Raja, Rumah Inkarnasi Dewa, Didirikan oleh Visvakarman di Behest Indra.

11. Bahasa nasional Thailand adalah bahasa Thai, yang diyakini oleh banyak sarjana merupakan bentuk dari bahasa China yang berangsur-angsur dibawa ke daerah tersebut antara abad ke-7 dan ke-13. Seperti bahasa Lao, Vietnam, dan China, bahasa Thai adalah bahasa yang menggunakan gaya suara. Alfabetnya ada 32 huruf vokal dan 44 konsonan.

12. Prostitusi dilegalkan di Thailand, disamping undang-undangnya sangat jarang dilaksanakan. Diperkirakan jumlah pekerja seks beragam dari 30.000 sampai lebih dari 1 juta.

13. Lebih dari 1500 spesies anggrek tumbuh liar di hutan Thai. Thailand adalah eksporter anggrek nomor satu dunia.

14. Kucing Siamese adalah asli Thailand. Di Thai kucing tersebut dinamakan wichen-maat, yang artinya “intan rembulan”. Sebuah kitab syair Thai abad ke-14 menggambarkan 23 jenis kucing Siamese; sekarang hanya ada enam jenis yang tersisa. Memberikan pasangan kucing Si Sawat (jenis dari kucing Siamese) untuk kawin diyakini membawa keberuntungan dalam pernikahan.



15. Sungai Mekong, yang membatasi sebelah timur Thailand, menyumbangkan lebih dari 1300 spesies ikan. Sungai ini mempunyai banyak ikan terbesar dunia, termasuk ikan lele besar yang dapat panjangnya dapat mencapai 10 kaki dan beratnya 660 lbs.




16. Salah satu hewan Thailand yang paling aneh adalah mudskipper, yaitu sejenis ikan yang bisa berjalan di daratan dan memanjat pohon. Ikan ini menggunakan siripnya untuk “berjalan” dan dapat menyerap oksigen melalui kulitnya dan sakuran di mulutnya. Ikan ini menghabiskan banyak waktunya di luar air, makan alga di genangan air pasang.



17. Thailand adalah produsen timah terbesar di dunia.

18. Thailand bagian utara adalah produsen utama opium pada tahun 1960-an dan 1970-an, yang menjadi sumber pendapatan utama suku-suku di perbukitan. Ujung utara Thailand, ujung barat Laos, dan sudut timur Myanmar, ketiganya disebut “Segitiga Emas” dan terkenal karena penghasil dan penjualan opium dan heroin.

19. Pemain golf terkenal dunia, Tiger Wood, adalah anak dari ayah keturunan Amerika dan ibunya keturunan Thai.



20. Thailand bagian utara adalah produsen utama opium pada tahun 1960-an dan 1970-an, yang menjadi sumber pendapatan utama suku-suku di perbukitan. Ujung utara Thailand, ujung barat Laos, dan sudut timur Myanmar, ketiganya disebut “Segitiga Emas” dan terkenal karena penghasil dan penjualan opium dan heroin.