Dengan Kamera 48 MP, Redmi Note 7 Cuma Dijual Rp2,1 Juta


Redmi, sub-brand Xiaomi, baru saja merilis Redmi Note 7. Ponsel bertenaga yang diperkaya kamera 48 MP tersebut hanya dibanderol mulai Rp2,1 juta oleh pabrikan. Murahkan?

Dilansir dari laman Giz China, Kamis (10/1/2019), smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 660 versi optimal. "Versi SD660 (Snapdragon) yang dioptimalkan sepenuhnya ini sangat berbeda dari versi standar dan pengalaman pengguna dalam versi ini juga jauh lebih baik," kata Pendiri dan CEO Xiaomi Technology, Lei Jun kepada wartawan saat mengumumkan Redmi Note 7.

Untuk lebih menunjukkan keunggulan SD660 yang dioptimalkan, Lei Jun melakukan perbandingan Redmi Note 7 dengan produk lain yang menggunakan versi standar Snapdragon 660. Dia mengklaim versi optimal bisa berlari ke skor 144.599. Sedangkan versi standar mencetak hanya sekitar 120.000 poin.

Lei Jun ikut menekankan bahwa kinerja Snapdragon 660 yang dioptimalkan penuh lebih kuat daripada prosesor Kirin 710, buatan Huawei. Melalui perbandingan berjalan, dapat dilihat bahwa versi Snapdragon 660 yang dioptimalkan penuh lebih tinggi daripada Kirin 710, dan yang terakhir memiliki skor lari 137.338.

Tidak hanya itu, Redmi Note 7 juga memiliki desain bodi bernilai tinggi. Ponsel hadir dengan kaca dua sisi 2,5D yang jernih dan warna gradien ilusi. 

Ini membuat Redmi Note 7 menunjukkan cahaya dinamis dan efek perubahan bayangan. Redmi menyediakan perangkat dalam tiga warna, yaitu Twilight Gold, Dream Blue, dan Bright Black. 

Konfigurasi Utama
Smartphone menggunakan layar waterdrop seluas 6,3 inci yang menjadikannya sebagai layar waterdrop pertama dalam seri Redmi, dan Xiaomi secara umum. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Redmi Note 7 ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 660 yang sepenuhnya dioptimalkan dengan clock hingga 2.2GHz. 

Redmi dilengkapi dengan baterai negatif anoda grafit sebesar 4.000 mAh yang mendukung standar QC 4. Menurut pengantar resmi penjualan, saat membeli smartphone baru tersebut konsumen bisa menambahkan Rp21.000 guna membawa pulang pengisi daya cepat USB Xiaomi 18W. Teknologi tersebut memberi pengguna muatan baterai penuh dalam waktu hanya 113 menit.

Di dapur kamera, Redmi Note 7 dilengkapi kamera ultra-clear 48 MP. sensor yang 4 kali lebih tinggi dari 12 MP mainstream. Melalui teknologi fotografi tersebut, ponsel bisa mendapatkan lebih banyak detail objek saat mengambil gambar. Ponsel juga memiliki kapasitas zoom yang unggul. 

Untuk lingkungan yang gelap, sensor 48 MP hadir dengan mode sensitivitas piksel tinggi 4-in-one 1,6μm dan area fotosensitif piksel tunggal empat kali lipat dari aslinya. Smartphone dilengkapi dengan algoritma yang sama dari mode pemandangan super malam Xiaomi Mi MIX 3. Tidak perlu menggunakan tripod karena kemampuan yang dipegang dengan tangan dapat memotret gambar pemandangan malam yang sangat jernih.


Selain itu, Redmi juga membuat rencana peningkatan khusus terhadap kualitas suara Redmi Note 7. Perusahaan menggunakan komponen PA didatangkan dari pemasok yang sama dengan Apple. Selain itu, ponsel ini menggunakan kontrol gain dinamis DSM, mikro-speaker AAC khusus. 

Dengan desain kotak independen 0,64 cc rongga suara besar, perangkat ini mencapai kinerja penyegelan yang stabil, sementara volumenya besar, suaranya lebih baik. Perlu dicatat bahwa Redmi Note 7 hadir dengan antarmuka USB Type-C standar, dan juga mempertahankan jack headphone 3,05 mm.

Harga dan Ketersediaan
Redmi Note 7 hadir dalam tiga pilihan yang meliputi versi RAM 3 GB + 32 GB dengan harga hanya Rp2,1 juta; Lalu versi RAM 4 GB + ROM 64 GB dilepas Rp2,5 juta. Lalu versi versi 6 GB + 64 GB bisa dihadirkan dengan harga Rp2,9 juta. 

Melihat daya kemampuan dan harganya, bisa jadi ponsel ini bakal dicari banyak orang di berbagai negara.