3 Tips Seks Bagi Pasangan yang Berjuang Punya Anak


Salah satu tujuan berhubungan seks adalah bereproduksi atau memiliki anak. Bagi pasangan yang sedang dalam tahap ini, terkadang kehidupan ranjangnya menjadi penuh tekanan karena bercinta harus di tanggal tertentu ketika istri subur dengan posisi ini dan itu saja.

Aktivitas seks yang seperti itu terkadang bisa menimbulkan perasaan bosan. Frustrasi mungkin bakal datang bila tak kunjung membuahkan hasil. Alhasil, seks jadi jauh dari kata romantis dan gairah.

Menurut psikoterapis Lenore Pomerance, hal tersebut memang rentan terjadi pada pasangan yang berusaha memiliki buah hati. Namun, ada beberapa hal lho yang bisa dilakukan agar kehidupan seks tetap penuh letupan gairah dan cinta.

Pomerance mengungkapkan kunci seks yang lebih baik adalah memisahkan antara kesuburan dengan seksualitas. Hal ini perlu dilakukan ketika upaya memiliki anak belum berhasil.

"Ada perbedaan besar antara seks untuk kesenangan dan seks untuk konsepsi. Pasangan yang mengenali hal ini, jadi bisa menghindari perasaan salah menyalahkan atau gairah untuk bercinta jadi mati," kata Pomerance.

Agar kehidupan seks tetap hot di saat berjuang memiliki anak, berikut saran Pomerance seperti dilansir laman Parents

1. Belajar realistis soal seks
Pada pasangan yang kecewa kala bercinta demi punya anak, biasanya karena mereka mengharapkan seks itu seharusnya romantis dan memuaskan.

"Faktanya, seks bisa terjadi dengan banyak cara. Jika ikatan emosi dan fisik antara pasangan sudah kuat, mereka bisa membawa fantasi bercinta masing-masing ke dalam kehidupan nyata. Sehingga seks dengan tujuan memiliki anak terasa menyenangkan," kata Pomerance.

2. Terus tumbuhkan humor dalam hubungan
Di tengah perjuangan memiliki anak, jangan lupa tertawa. Kebahagiaan bisa membuat pasangan jadi lebih dekat yang nantinya bakal membuat kehidupan seks jadi lebih menggebu-gebu.

Selain itu, menghidupkan humor dalam kehidupan juga membuat lebih rileks. "Kalau kami tidak mentertawai hidup kami, mungkin kami sudah bercerai gara-gara hanya fokus agar anak punya anak," kata salah satu ibu yang sukses hamil lewat program inseminasi.

3. Selipkan seks spontan
Teorinya, pasangan yang ingin memiliki buah hati diminta bercinta 2-3 hari sekali sebelum, saat dan sesudah ovulasi. Berarti, masih ada banyak waktu lain kan untuk bercinta sesuai keinginan hati. Seperti seks kilat, seks spontan, atau seks romantis seperti di film-film.