Awas! Makanan dan Minuman Ini Bisa Merusak Sperma Kalian Lho?


Pasangan yang berusaha untuk memiliki keturunan, ada baiknya anda memperhatikan asupan makanan. Awas! Makanan dan Minuman Ini Bisa Merusak Sperma Kalian Lho?

Menurut sejumlah penelitian, pola makan yang buruk ternyata menjadi penyebab turunnya kualitas sperma. Terutama bagi para pria, sebaiknya hindari lima makanan ini.

1. Daging olahan
Studi tahun 2014 oleh Universitas Harvard mengungkapkan bahwa, pria yang sering mengonsumsi daging olahan menghasilkan sperma normal 23 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang jarang makan daging olahan. Hal ini juga didukung dengan studi yang terbit di jurnal Epidemiology, mengungkapkan bahwa daging olahan dapat menurunkan jumlah sperma.

2. Susu tinggi lemak
Pria dewasa yang mengkonsumsi dua gelas susu tinggi lemak perhari, cenderung menurunkan jumlah sperma. Penemuan ini diungkapkan oleh studi yang terbit di Human Reproduction pada 2013. Menurut para ilmuwan, pestisida dan kontaminan oleh lingkungan akan diserap lemak dalam susu sehingga menyebabkan penurunan jumlah sperma.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan Fertility and Sterility pada 2014 mengungkapkan bahwa pria yang lebih sedikit mengkonsumsi susu lemak tinggi atau menggantinya dengan susu rendah lemak menghasilkan 33 persen sperma lebih banyak.

3. Bahan makanan non-organik
Penelitian yang diterbitkan dalam American Society for Reproductive Medicine Annual Meeting mengungkapkan bahwa pria yang paling banyak terkena residu pestisida dari makanan non-organik menghasilkan sperma normal 64 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang lebih memilih bahan makanan organik.


4. Alkohol
Pada tahun 2012 di Brasil, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa alkohol menyebabkan dampak negatif terhadap kemampuan sperma untuk berenang mencapai sel telur. Konsumsi alkohol secara berlebihan menyebabkan tubuh mengalami stres oksidatif dan menjadi penyebab utama infertilitas pria.

5. Minuman dengan pemanis buatan
Sebuah studi yang terbit di Human Reproduction menyebutkan bahwa pria yang rutin konsumsi minuman berpemanis seperti soda, teh kemasan, atau minuman energi berdampak buruk pada motilitas sperma. Dampaknya hampir sama dengan konsumsi alkohol.