Apa yang Membedakan Lionel Messi dari Cristiano Ronaldo?


Setelah 10 tahun berkuasa, era Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah digulingkan oleh Luka Modric. Tahun ini, gelandang Real Madrid itu terpilih sebagai pemenang Ballon d'Or.

Sebelumnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan pemenangan Ballon d'Or dalam satu dekade terakhir. Keduanya sama-sama lima kali memenangkan penghargaan bergengsi tersebut.

Meski tahun ini dominasi mereka dihentikan Modric, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masih dianggap yang terbaik dalam sejarah sepak bola. Namun, ada beberapa hal yang membedakan keduanya.

Berikut 4 hal yang membedakan Lionel Messi dari Cristiano Ronaldo seperti dikutip dari Sokka:

Satu Mengagumkan, Yang Lain Menginspirasi
Cristiano Ronaldo bukan hanya pesepak bola. Dengan brand CR7, bintang asal Portugal itu telah menjadi pengusaha dalam hal gaya hidup di luar lapangan. Di lapangan, Ronaldo adalah definisi sejati dari pekerja keras.

Di sisi lain, Lionel Messi adalah pesepak bola unik yang akan selalu tampil dengan solusi di depan lawan. Pemain Argentina ini memiliki dribel hebat dengan kaki kirinya. Keahliannya yang memikat telah menobatkannya sebagai Raja La Liga Spanyol.


Seorang Penyihir Vs Mesin
Sejak membuat debut seniornya di Barcelona, media tidak pernah berhenti menjadikan Lionel Messi sebagai berita utama. Itu karena cara-cara mustahil Messi dalam mengendalikan bola. Ia kerap melakukan nutmeg atau teknik menggiring bola melewati kolong kaki lawan dan assist yang tidak bisa dipercaya. Karena itu, para penggemar menyebut sebagai pesulap sepak bola.

Dalam urusan mencetak gol, sulit menemukan seseorang yang akan bersinar di depan gawang selain Cristiano Ronaldo. Di Liga Inggris, Ronaldo memenangkan sepatu emas.

Pindah ke Liga Spanyol, Ronaldo juga kembali menunjukkan keahliannya dalam urusan mencetak gol. Begitu juga saat pindah ke Juventus pada musim ini. Ronaldo telah membuktikan dirinya adalah mesin gol.

Bakat Alami Vs Pekerja Keras
Lionel Messi memang dilahirkan sebagai pesepak bola. Mantan pemandu Barcelona Josep Maria Minguella membawa Messi ke Catalunya saat baru berusia 13 tahun.

"Ketika dia masih kecil, Messi menonjol sebagai pemain yang sangat terampil. Dia tidak memiliki banyak kekuatan fisik, tetapi dia punya kemampuan yang hebat. Itu sebabnya dia harus dianggap sebagai bakat alami.

Sementara Cristiano Ronaldo memiliki etos kerja. Ia bekerja sangat keras agar tetap fit untuk setiap pertandingan. Dari sprint latihan khusus, angkat beban, hingga ketahanan merupakan hal-hal yang dilakukan Ronaldo untuk meningkatkan fisik serta mentalnya. Kerja keras adalah kunci keberhasilannya.


Pemburu Kemenangan
Persaingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah berlangsung selama 10 tahun terakhir. Persaingan tersebut telah membuat dua megabintang sepak bola ini memenangkan banyak trofi.

Musim lalu, Ronaldo memenangkan trofi Liga Champions kelimanya. Sementara Messi baru saja menerima sepatu emas kelimanya.

Messi dan Ronaldo adalah satu-satunya pemain yang pernah memenangkan 5 Ballon d'Or dalam sejarah permainan.