Kymco SuperNEX, Motor Listrik Sport Bertransmisi Manual

Kymco SuperNEX (Kymco)
Konsumen akan semakin mendapatkan beragam pilihan untuk motor listrik. Baru-baru ini Kymco memamerkan motor listrik SuperNEX pada pameran EICMA 2018, di Milan, Italia.

Ini jadi perhatian lebih karena Kymco yang biasa menyajikan skuter, langsung pamer motor sport dan sudah berjantung elektrik. Lebih dari itu, SuperNEX menawarkan perpindahan transmisi sebanyak 6-speed, seperti yang ditawarkan mesin konvensional. Itu yang jarang dijumpai pada motor listrik lain, perpindahan transmisi.

Dalam laman resminya disebut bahwa perpindahan transmisi memang sengaja disediakan. Menurut mereka, salah satu daya tarik dari motor sport bagi pengguna adalah ketika memindahkan gigi. Hasilnya kombinasi jantung elektrik dengan perpindahan transmisi tanpa kopling pada SuperNEX.

Bekal itu menjadikan SuperNEX diklaim bisa berakselerasi 2,9 detik untuk menyentuh 100 km/jam dari posisi diam. Sedang 7,5 detik dibutuhkan sampai menyentuh 200 km/jam, hingga akhirnya mencapai kecepatan puncak 250 km/ jam dalam hitungan 10,9 detik.

Klaim angka itu dimungkinkan berkat bekal Full Engagement Performance (FEP) dari manufaktur yang mengontrol penyaluran daya dengan baik ke roda belakang. Fungsinya mirip launch control pada sportscar dan supercar. Dengan FEP juga mengantarkan traksi lebih baik dalam kondisi permukaan jalan dan licin.

Masalah suara dari motor listrik ditangani oleh Kymco dengan menambah fitur. Disebut Active Acoustic Motor, memungkinkan SuperNEX punya suara buatan layaknya motor dengan mesin pembakaran internal. SuperNEX diklaim punya motor yang didesain untuk menyampaikan suara detak jantung mekanis. Sumbernya dari generator aksutik multi frekuensi yang merekontstruksi suara dinamis dari motor dengan kemiripan yang sangat tinggi.

Alih-alih mode berkendara, SuperNEX didukung dengan Adaptive Machine Personalities. Fungsinya sama, hanya soal penamaan. Pada SuperNEX dibagi dalam pilihan Poised, Assertive, Bold, dan Extreme. Dalam bahasa umum mode itu bisa disebut berurutan, Tour, Road, Sport, dan Race.

Dari penampilannya sendiri, SupeNEX tipikal motor sport fairing dengan peredam ditangani oleh Ohlins. Sedang pelek emas berlabel O.Z. Racing dan dibungkus ban Metzeler. Sektor deselerasi dijamin oleh cakram dari Brembo.

Pihak manufaktur belum menyediakan informasi dan detail spesifikasi lainnya untuk SuperNEX. Bahkan harganya juga belum disampaikan.

Namun bisa dipastikan keseriusan Kymco dalam memasuki elektrifikasi. Ke depan bakal semakin ramai roda dua dengan jantung elektrik dilempar ke pasar oleh manufaktur.