Ketika Louhan Menjelma Jadi Predator Buas di Kolam Petambak Cilacap

Ikan Louhan jenis baru yang diduga kawin silang dengan Nila dan menjadi ikan predator di kolam petambak ikan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah. (Foto:Muhamad Ridlo)
Turyono (38) girang bukan kepalang tatkala senar pancingnya menegang. Sepertinya ada ikan besar mencaplok umpannya saat memancing di kolam milik petambak ikan di Madusari Kecamatan Wanareja, Cilacap, Jawa Tengah.

Lantas, tali pancing tertarik ke bawah rerimbunan kangkung. Joran Tegek tipis itu melengkung hebat, nyaris tak kuat menahan kuatnya tarikan ikan.

Ia mesti lihai mengendalikan tarik ulur dengan ikan yang bergerak liar. Salah sedikit, putus lah tali pancing. Ia tak tahu bahwa yang menarik tali pancingnya adalah ikan predator.

Perlahan namun pasti, dua sampai tiga menit kemudian ikan berhasil diangkat. Mula-mula, kami mengiranya ikan Nila atau Betik berukuran besar. Warnanya gelap, dengan tubuh pipih dan sirip tajam menantang.

Setelah diangkat, ternyata ikan itu bukan lah Nila atau Betik. Bentuknya mirip dengan jenis ikan Louhan (Amphilophus trimaculatus), ikan yang beberapa tahun lampau sempat menjadi primadona pehobi ikan hias.

Motif semacam huruf kanji masih terlihat jelas di sisik tubuhnya. Bercak warna merah kehijauan juga menunjukkan bahwa ikan ini memang ikan Louhan.

Hanya saja, kepalanya tak lagi menonjol. Kepala ikan ini lebih mirip Nila. Pipih biasa.

"Buang, buang saja ke kali," kata Hizi Firmansyah, si pemilik kolam, buru-buru. Ia menganggap Louhan sebagai ikan predator.

Tetapi tentu sayang jika ikan Louhan yang lumayan besar ini dibunuh dan dilempar ke kali. Maka ikan ini pun dimasukkan ke keranjang, bersama puluhan ikan lain yang berhasil ditangkap.

Ternyata, ini bukan satu-satunya Louhan yang tertangkap. Selama tiga jam memancing di kolam itu, lima Louhan berbagai ukuran berhasil terjerat mata kail.

"Rasanya nggak enak," ucap Hizi, beralasan kenapa ikan Louhan itu mesti dibuang setelah dibunuh.

Ukuran sebenarnya tak sebegitu besar, paling hanya setelapak tangan. Tetapi, tenaganya memang luar biasa.

Rupanya, bagi petambak ikan seperti Hizi, Louhan sudah menjadi hama atau ikan predator. Ia memakan ikan lain yang berada di kolam yang sama dan bersifat dominan.