Keseringan Minum Bir Bisa Sebabkan Perut Buncit! Mitos Apa Fakta?


Konon katanya, bir berperan besar dalam pembentukan perut buncit (beer belly) yang selalu dihindari siapa saja. Keseringan Minum Bir Bisa Sebabkan Perut Buncit! Mitos Apa Fakta?

Banyak orang berpikiran minum bir bisa membuat perut buncit, atau biasa dikenal dengan istilah belly beer. Tetapi, sebuah penelitian oleh seorang ahli nutrisi mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Setelah diteliti,ternyata bir mempunyai kalori lebih sedikit dari minuman lainnya.

Apakah benar bahwa bir adalah satu-satunya penyebab perut buncit? Apakah tidak ada cara bagi orang yang memang doyan bir untuk menghindari perut buncit? Pertanyaan-pertanyaan macam itu pastinya pernah ditanyakan mayoritas orang yang ngerti tentang permasalahan ini.

Dalam sejarahnya, bir digunakan sebagai obat atau penyembuh luka. Beberapa bahan yang terkandung dalam bir, seperti air, gandum, ragi, tanaman hops, dan sebagainya, ternyata yang dapat menyebabkan perut membengkak. Nah, ternyata peminum bir pasif atau yang dikenal sebagai social drinker itulah yang terancam terkena beer belly. Sama halnya dengan perokok pasif.

Karena dia merasa minum cuma dikit, dan itu nggak akan berdampak separah para peminum aktif. Padahal, justru hal yang sedikit-sedikit itulah yang bisa menyebabkan perut membuncit.

Bukan mengusulkan untuk menjadi peminum aktif, tapi ini justru adalah ajakan untuk tidak mencoba sama sekali karena yang merasa minum sedikit itu justru yang bakal lebih dulu buncit perutnya.

Bir mempunyai kalori lebih sedikit per 100ml daripada wine, minuman alkohol, bahkan jus jeruk. Sayangnya bir mempunyai citra minuman yang tinggi kalori dan lemak. Jika Anda minum bir dalam jumlah besar, berat badan akan naik. Hal serupa juga akan terjadi jika mengonsumsi bergalon-galon wine.

Ini yang menjadi kesalahan terbesar bagi kamu yang suka ngebir dengan berbagai dorongan. Ternyata, jangan pernah menjadikan makanan-makanan berkalori tinggi ataupun junk food. Ya, bir aja udah banyak kalorinya, apalagi ditambah dengan makanan seperti keju, daging berlemak, keripik asin, keju, telur, permen, sosis, burger, dan kawan-kawannya. Gorengan apalagi!

Cara paling mudah dan sederhana buat kamu yang pengen terhindar dari perut buncit akibat bir adalah dengan melakukan olahraga. Cobalah untuk mengubah pola hidup dan pola makan. Dengan asupan nutrisi dan protein serta olahraga yang cukup, akan membantumu keluar dari ancaman beer belly.