Diterjang Banjir, Warga Padang Ramai-Ramai Mengungsi ke Warung

Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​
Banjir melanda Kecamatan Lubuk Kilangan, Padang, Sumatera Barat, Jumat (2/11/2018) pukul 14.00 WIB. Banjir ini disebabkan oleh hujan deras yang menyebabkan debit sungai meningkat.

"Jembatan pun roboh diterjang banjir di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang Sumatera Barat pada 2/11/2018," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter pribadinya @Sutopo_PN, Jumat 2 November 2018.

Sutopo juga menyertakan cuplikan video amatir yang menampilkan derasnya terjangan banjir hingga merobohkan jembatan. Dalam video berdurasi 45 detik itu, tampak warga mengungsi ke warung yang berada di wilayah yang lebih tinggi.

Pagi ini (3/11/2018), Sutopo menyampaikan bahwa sebanyak 7 kecamatan terdampak banjir, 600 rumah terendam banjir dengan ketinggian 30-150 sentimeter, 1 jembatan dan 1 rumah hanyut, 2 jembatan putus dan 2 orang meninggal dunia.

"Penanganan dan pendataan masih dilakukan BPBD," ujar Sutopo.

Sementara itu, menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kota Padang siang ini diperkirakan cerah berawan dan akan turun hujan petir di malam hari.