Canggihnya X-Mart, Minimarket di Beijing Tanpa Kasir dan Bayar Nontunai

Canggihnya X-Mart, Minimarket di Beijing Tanpa Kasir dan Bayar Nontunai. Raden Trimutia Hatta
Teknologi belanja secara cashless atau nontunai berkembang pesat di Tiongkok. Hampir semua toko baik offline dan online, hingga pedagang kaki lima pun telah melakukan transaksi secara nontunai menggunakan online payment.

Saat berkunjung ke Beijing, Tiongkok,berkesempatan mencoba berbelanja di minimarket yang hanya menerima pembayaran nontunai. Adalah X-Mart, minimarket canggih yang tidak memperkerjakan petugas kasir.

Toko ritel yang dikembangkan salah satu e-commerce di Tiongkok, JD.com ini hanya menerima pembayaran cashless menggunakan aplikasi hasil kerjasama dengan WeChat.

Saat berbelanja di X-Mart, konsumen cukup menempelkan QR-code yang muncul di aplikasi JD.com pada smartphone ke mesin pemindai untuk membuka gate.

Kemudian, konsumen bisa mengambil barang apapun yang ingin dibeli. Setelah selesai berbelanja, konsumen cukup langsung keluar dari gate yang sama tanpa perlu antre di meja kasir.

Begitu konsumen keluar gate, saldo yang ada di aplikasi akan berkurang secara otomatis sesuai dengan harga barang yang diambil.

Menurut Director of International Media JD.com, Vic Gu, X-Mart menggunakan sistem kamera dan sensor di dalam toko untuk membaca apa saja barang yang diambil konsumen dengan akurat.

"Begitu keluar, maka saldo berkurang. Bila konsumen meletakkan kembali barang atau tidak jadi berbelanja maka saldo tidak akan terpotong. Jadi pembayaran sesuai apa yang dibawa keluar," ujar Vic di Kantor Pusat JD.com, Beijing, Senin (12/11/2018).

Hingga saat ini, minimarket tanpa kasir baru dibuka sebanyak 20 toko di Tiongkok. Mayoritasnya tersebar di Kota Beijing.

Selain di negeri matahari terbit, JD.com juga telah melebarkan sayap X-Mart di Indonesia.

Minimarket JD.com pertama di luar Tiongkok yang berada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, ini telah dibuka dengan nama JD.ID X pada Agustus 2018.

Berbeda dengan X-Mart, JD.ID X menambahkan fitur keamanan toko dengan teknologi pemindai wajah sebelum konsumen meninggalkan minimarket.