Bank Mandiri Bakal Luncurkan Pembayaran QR Code Januari 2019

Kehadiran Dicatat QR Code, Mahasiswa Sibuk Cari Cara Titip Absen
PT Bank Mandiri (Persero) Tbk akan meluncurkan pembayaran nontunai lewat kode Quick Response (QR Code) pada Januari 2019. Pembayaran nontunai ini diharapkan mampu mempersingkat waktu transaksi dibandingkan dengan membayar secara tunai.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini Bank Mandiri masih menunggu izin dari Bank Indonesia untuk bisa memberikan layanan pembayaran nontunai lewat QR Code. Untuk diketahui, layanan ini sudah melalui proses proof of concept (PoC).

"Januari ke depan. Sudah PoC tinggal tunggu izin saja," kata dia, di Plaza Mandiri, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Dia menjelaskan, nantinya Kode QR tersebut akan terhubung dengan dompet elektronik (e-wallet) maupun ke kartu debit dan kartu kredit bank Bank Mandiri. Pembayaran dengan QR Code ini, jelas dia akan diarahkan ke pembayaran yang sifatnya ritel seperti groceries, makanan, maupun untuk transportasi.

“Dalam jangka pendek mungkin QR code memang lebih cocok untuk small ticket puchase," ujar dia.

Sedangkan, untuk pembayaran dengan skala besar, Bank Mandiri masih mengandalkan perangkat electronic data capture (EDC) maupun yang berbasis kartu. Hal ini untuk memastikan tingkat keamanan pengguna.

“Nanti baru dari sisi kecepatan maupun settlement lebih baik baru tingkatkan. Card base dalam 1-3 tahun ke depan juga masih akan dipergunakan di sistem pembayaran," tandasnya.