20 Tahun Mendatang Musuh Anak Indonesia Penyakit Gagal Ginjal

Gagal ginjal (iStockphoto)
Sekalipun belum ada data nasional tentang kejadian penyakit ginjal kronis (PGK), khususnya pada anak, data Ikatan Dokter Anak Indonesia menemukan 212 anak dari 14 Rumah Sakit di Indonesia mengalami gagal ginjal dan harus menjalani terapi pengganti ginjal pada 2017. Hal tersebut harus menjadi perhatian dari masyarakat.

Selama ini, gangguan ginjal lebih sering dikaitkan sebagai penyakit yang dialami orang dewasa saja. Faktanya kondisi tersebut juga saat ini sudah dialami anak-anak.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Eka Laksmi Hidayati mengatakan, anak yang memiliki gangguan ginjal seringkali terlambat dibawa untuk pemeriksaan. Hal ini membuat kondisinya menjadi lebih parah, serta menyulitkan penyebab dari kegagalan ginjal tersebut.

"Data RSCM menunjukkan 22 persen pasien datang dengan kondisi stadium akhir," kata Eka di gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta pada Selasa (13/11/2018).

"Kalau pasien datang lebih awal, kemungkinan kami bisa mencegah terjadinya gagal ginjal yang harus membutuhkan cuci darah. Artinya jika masih ada penyakit aktif yang bisa kita terapi, artinya kita akan secara agresif memberikan terapi, agar bisa mencegah terjadinya gagal ginjal. Minimal yang membutuhkan transplantasi ataupun cuci darah," tambah Eka yang juga tergabung dalam IDAI tersebut.

Data kasus PGK pada anak sendiri sangatlah terbatas. Data global yang dikutip Kementerian Kesehatan menunjukkan, sekitar 18,5 hingga 58,3 per satu juta anak menderita penyakit ginjal. 70 persen di antaranya akan mengalami gagal ginjal dalam 20 tahun ke depan.

Sementara, Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, prevalensi penduduk Indonesia yang penderita PGK sebesar 3,8 persen atau 4 per seribu penduduk.

Beberapa Gejala Gagal Ginjal

Adapun, beberapa tanda dan gejala gangguan gagal ginjal antara lain:

- mual dan muntah,

- hilangnya nafsu makan,

- rasa lemah dan lesu,

- sesak napas,

- sakit perut,

- masalah mulut,

- frekuensi buang air kecil meningkat terutama di malam hari, - mati rasa, kesemutan, rasa panas seperti terbakar pada kaki dan tangan

- kram dan kejang otot,

- gangguan tidur,

- kulit gatal,

- menurunnya ketajaman mental,

- tekanan darah tinggi yang sulit dikontrol,

- nyeri pada dada karena penumpukkan cairan di sekitar jantung,

- dan pembengkakkan pergelangan kaki dan tangan.

1 comments:

Author
avatar

ASS..WR.WB.SAYA PAK RISKY TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN EYANG SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL

angka;GHOIB: singapura
angka;GHOIB: hongkong
angka;GHOIB; malaysia
angka;GHOIB; toto magnum
angka”GHOIB; laos…
angka”GHOIB; macau
angka”GHOIB; sidney
angka”GHOIB: vietnam
angka”GHOIB: korea
angka”GHOIB: brunei
angka”GHOIB: china
angka”GHOIB: thailand

Reply