Thibaut Courtois Terima Sarung Tangan Emas Piala Dunia 2018

Kiper Belgia, Thibaut Courtois berusaha menangkap bola saat mengikuti latihan tim di Dedovsk, Moskow, (8/7). Belgia akan bertanding pada semifinal Piala Dunia 2018 melawan Prancis. (AFP Photo/Franck Fife)
Piala Dunia 2018 menghasilkan Prancis sebagi juara, usai mengalahkan Kroasia 4-2 di final. Namun, penghargaan kiper terbaik tidak jatuh kepada dua tim yang berlaga di final itu.

Adalah kiper Belgia, Thibaut Courtois, dinobatkan sebagai kiper terbaik di Piala Dunia 2018. Gelar kiper terbaik biasa juga disebut sebagai penerima sarung tangan emas.

Belgia sendiri pulang ke negaranya dengan status peringkat ketiga di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Belgia takluk dari Prancis 0-1 di babak semifinal.

Sementara di perebutan tempat ketiga, Romelu Lukaku dan kawan-kawan menundukkan Inggris dengan skor 2-0. Thomas Meunier dan Eden Hazard jadi pencetak gol dalam laga itu.

Sepanjang turnamen ini, Courtois telah tampil sebanyak tujuh pertandingan. Kiper Chelsea ini hanya kebobolan enam gol sepanjang Piala Dunia 2018.

27 Penyelamatan
Jumlah penyelamatan Courtois di Piala Dunia 2018 mencapai 27 kali. Dia dinilai sebagai salah satu kunci dari kokohnya pertahanan Belgia.

Sementara itu, Prancis sendiri keluar sebagai juara Piala Dunia 2018. Les Bleus mengalahkan Kroasia di final dengan skor 4-2, yang berlangsung di Stadion Luzhniki, Moskow.