Presiden Jokowi Segera Umumkan Bos Baru Pertamina

langit biru pertamina
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memberikan bocoran terkait rencana penunjukan Direktur Utama (Dirut) baru Pertamina. Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah mencopot Elia Masa Manik dari jabatan Dirut Pertamina dan saat ini kepemimpinan sementara (Plt) di Pertamina dijabat oleh Nicke Widyawati.

Luhut menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera mengumumkan bos baru Pertamina. Namun, dia tidak menyebutkan secara spesifik kapan pengumuman tersebut akan dilaksanakan.

"Tunggu saja, nanti sebentar lagi Presiden putuskan," kata Menko Luhut, di kantornya, Jumat (20/7/2018).

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah memberikan nama calon Direktur Utama Pertamina ke Presiden Jokowi. Saat ini posisi tersebut dijabat Pelaksana tugas Nicke Widyawati.

Deputi Bidang Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Harry Fajar Sampurno mengatakan, ada tiga nama calon Direktur Utama yang diajukan Menteri BUMN Rini Soemarno ke Presiden Jokowi.

"Sudah, tanya Bu Rini, ada tiga nama," kata Harry pada 13 Juli 2018.

Namun ketika ditanyakan terkait tiga nama yang diajukan sebagai calon orang nomor satu di Pertamina tersebut, Harry enggan menyebutkan. Dia mengarahkan untuk bertanya ke Rini Soemarno.