MotoGP: Balapan 30 Lap Bikin Valentino Rossi Pesimistis

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi akan memulai balapan MotoGP Jerman 2018 dari urutan keenam. (Twitter/Yamaha MotoGP)
MotoGP Jerman 2018 di Sirkuit Sachsenring, Minggu (15/7/2018), bakal jadi balapan yang sulit bagi Valentino Rossi. Selain harus start dari posisi enam, balapan nanti juga akan berlangsung selama 30 lap.

Selama menjalani latihan bebas MotoGP Jerman, Valentino Rossi sejatinya memang sudah menemui banyak kendala. Itu mengapa tak satu pun sesi latihan bebas yang bisa dimaksimalkan dengan tampil sebagai yang tercepat.

Tak heran jika The Doctor kesulitan bersaing saat sesi kualifikasi MotoGP Jerman. Ia pun hanya bisa mengamankan posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 20,532 detik, terpaut 0,262 detik dari Marc Marquez yang merebut pole position.

Situasi bertambah rumit karena Rossi dan krunya kebingungan mencari pengaturan terbaik. Balapan sepanjang 30 lap membuat semua pembalap harus pintar-pintar menerapkan strategi ban. Belum lagi antisipasi cuaca yang bisa saja berubah jadi balapan basah.

"Itu adalah sesi kualifikasi yang sangat ketat, sering terjadi di tahun ini, semua sangat dekat. Saya cukup senang untuk memulai baris kedua karena ketika Anda memulai di atas posisi lima, tapi urutan enam juga baik untuk balapan. Mereka yang ada di depan kami sangat kuat, jadi tidak buruk," ujar Rossi, dikutip Tuttomotoriweb.

"Saya bisa melakukan sedikit lebih baik. Sekarang kita harus melihat balapan karena 30 lap akan sulit untuk semua orang mengenai ban. Kami juga harus memahami pilihan apa yang dibuat karena kami masih ragu-ragu," ia menambahkan.

Sial bagi Rossi, MotoGP Jerman adalah salah satu balapan yang memiliki catatan buruk dalam kariernya. Buktinya, kemenangan terakhir pembalap asal Italia itu di sana didapat pada musim 2009. Sedangkan podium terakhir didapat pada MotoGP Jerman 2015.

"Kami telah meningkatkan keseimbangan motor dalam hal pengaturan. Kemarin kami mencoba sesuatu untuk meningkatkan akselerasi, tapi itu tak berhasil dan kami kembali ke standar. Menurut saya, tak akan ada banyak perbedaan, tapi kami sangat ragu-ragu karena balapan sangat panjang," Rossi menegaskan.