Macan Ronggolawe Siap Tangkal Kejahatan di Bumi Wali Tuban

Foto: Istimewa
Polres Tuban siap menjaga kota berjuluk Bumi Wali dari segala kejahatan saat arus mudik dan lebaran. Sebuah tim untuk menangkal kejahatan berjuluk 'Macan Ronggolawe' siap menjaga Kota Tuban 24 jam.

Tim Macan Ronggolawe ini diisi oleh personel yang punya kemampuan khusus, bergerak cepat, tepat, dan akurat untuk menangkap para pelaku kejahatan.

"Anggota Macan Ronggolawe ini sebelumnya sudah kita bekali berbagai latihan cara kerja yang akurat dan terukur. Baik cara menggunakan berbagai senjata dan kendaraan," kata Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono, Senin (11/6/2018).

Menurut Nanang terobosan baru dari Polres Tuban ini nantinya untuk memberikan rasa aman dan nyaman warga.

'Macan Ronggalawe' ini nantinya jelas Nanang yang pernah menjabat sebagai kasubdit III Jatanras Polda Jateng, dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim AKP Iwan Harry Poerwanto.

"Seluruh anggota Macan Ronggplawe berasal dari personel Reskirim. Anggota Macan Ronggolawe sebanyak 17 orang," jelas Nanang.

Dibentuknya tim anti bandit 'Macan Ronggolawe' ini kata Nanang, karena semakin banyaknya pelaku kejahatan di Tuban yang menggunakan senjata tajam dan senjata api. Dengan banyaknya kejahatan yang meresahkan masyarakat, maka dibentuklah tim untuk mengatasi kejahatan di wilayah hukum Tuban.

Meski 'Macan Ronggolawe' baru seumur jagung dikukuhan, banyak apresiasi baik dari masyarakat. Tim Macan Ronggolawe sedikitnya telah mengungkap 18 laporan dari masyarakat. Beberapa waktu lalu, tiga pelaku kejahatan antar kota antar provinsi ditembak karena meresahkan masyarakat.

Untuk membentengi Tuban dari pelaku kejahatan, pria asal Bojonegoro ini menambahkan, seluruh anggota 'Macan Ronggolawe' mempunyai fisik yangg prima, skill individu yang baik, semangat pantang menyerah dan pemberani, nyali yang teruji dan jiwa petarung sejati.

"Tim Macan Ronggolawe ini mempunyai semboyan, Sekali meraung pantang untuk berbalik arah, dan sekali cakar menancap harus bisa merobek jaringan pelaku kejahatan," tegas AKBP Nanang Haryono.