Alat Ini Mampu Menegur Sopir Bila Ngebut

Polisi memasang speed alarm di bus yang ada di Terminal Purabaya (Foto: Suparno)
Menjelang arus mudik, polisi dan Dinas Perhubungan (Dishub) Jatim meninjau kesiapan armada angkutan umum di Terminal Purabaya (Bungurasih). Mereka ingin memastikan semua persiapan, kelancaran, dan keselamatan penumpang terjamin.

Selain melakukan peninjauan, polisi juga memasang speed alarm. Speed alarm adalah alat yang bisa memberikan peringatan bila sebuah kendaraan dalam hal ini bus melaju melebihi batas kecepatan.

Alat yang merupakan salah satu terobosan baru ini dipasang di dashboard bus. Ada rangkaian angka digital di layar alat ini yang menunjukkan kecepatan bus.

"Alat ini akan berbunyi jika sopir bus memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan," kata Dirlantas Polda Jatim Kombespol Heri Wahono, Jumat (8/6/2018).

Heri dan rombongan langsung melakukan uji coba alat tersebut di ruas jalan tol Waru-Juanda. Batas kecepatan untuk perjalanan luar kota adalah 100 km/jam, dan dalam kota 80 km/jam.

Heri menerangkan speed alarm ini akan berbunyi pada saat pengemudi memacu kecepatan di atas batas maksimum. Alat tersebut akan memberikan peringatan berupa suara 'Anda telah melebihi kecepatan di atas maksimum,'. Apabila sopir tidak mengindahkan peringatan tersebut, speed alarm akan berbunyi lagi.

"Anda melebihi batas kecepatan. Mohon kurangi kecepatan anda," begitu bunyi peringatan tersebut," terang Heri.

Masih kata Heri, sebagai tahap awal, speed alarm akan dipasang di 80 bus. "Alat ini memang baru pertama di Indonesia dan dipakai untuk Operasi Ketupat Semeru tahun ini. Ke depan tentunya secara bertahap armada lainnya akan menyusul. Diharapkan ke depannya semua PO bus se-Jawa Timur untuk memasang speed alarm ini," tandas Heri.