Torsi Kawasaki Ninja H2 Dikalahkan Motor Listrik Ini

Curtiss Motorcycle memperkenalkan motor konsep bertenaga listrik bernama Zeus di ajang Quail Motorcycle Gathering 2018. (Autoevolution)
Curtiss Motorcycle memperkenalkan motor konsep bertenaga listrik bernama Zeus di ajang Quail Motorcycle Gathering 2018 di Carmel, California, Amerika Serikat.

Dilansir dari Electrek.co, konsep Curtiss Zeus meraih penghargaan 'Most Innovative Motorcycle'. Pasalnya, desain motor ini sangat futuristik dan memiliki performa mengerikan, bahkan melampaui superbike.

Menurut sumber yang sama, motor ini menggunakan sasis berbahan billet aluminium dengan proses pengelasan yang sempurna.

Sedangkan, suspensinya menggunakan center-line cantilever mono-shock di bagian belakang dan diimbangi dengan four-link girder mono-shock di depan.

Beralih ke dapur pacu, Curtiss Zeus diklaim mampu menghasilkan torsi sebesar 393Nm. Angka tersebut dua kali lipat lebih besar dari Kawasaki Ninja H2 yang 'hanya' 140,4 Nm. Sementara itu, tenaga yang disemburkan mencapai 170 hp.

Untuk menghasilkan performa tersebut, Curtiss Zeus mengusung baterai 14,4 kWh dan direncanakan akan lebih besar pada produksi massalnya. Padahal, kapasitas tersebut jauh lebih besar dari pabrikan sepeda motor listrik lainnya, Zero Motorcycles.

Rencananya, motor konsep ini akan beredar secara massal dan mulai masuk ke lini produksi pada 2019 mendatang. Jordan Cornille, Direktur Desain Curtiss Motorcycle, menyatakan bahwa Zeus akan resmi dirilis pada 2020 mendatang.