Kereta Api Logistik Targetkan Pengiriman Barang ke 200 Negara

KA Logistik tiba di Stasiun JICT Tanjung Priok, Kamis (18/2). Dioperasikannya Kereta Api (KA) Logistik Tanjung Priok diharapkan mampu menurunkan masalah waktu bongkar muat atau dwelling time hingga dua hari. (Faizal Fanani)
Menanggapi geliat perdagangan online (e-commerce) di Indonesia, PT Kereta Api Logistik (Kalog) terus memperluas jangkauan pelayanan. Saat ini, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI itu sudah mengoperasikan layanan ke luar Pulau Jawa, salah satunya di wilayah Bali, yakni Denpasar, Gilimanuk, Negara, dan Badung sebagai service point untuk menghubungkan pelanggan dengan layanan Kalog Express.

Direktur Operasi dan Pemasaran Kalog, Sugeng Priyono mengungkapkan Kalog Express sebelumnya fokus pada pelayanan di Pulau Jawa dengan tulang punggung (backbone) moda transportasi kereta api.

"Mengikuti tingginya permintaan dan melihat terbukanya peluang untuk mendorong bisnis distribusi barang khususnya kurir dan kargo, Kalog mengambil langkah strategis untuk melayani pengiriman ke luar Pulau Jawa yang dimulai dengan Sumatera dan kini merambah ke Bali," ujar Sugeng dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Sejalan dengan perluasan jangkauan tersebut, Kalog Express juga melakukan repositioning dengan menerapkan pola distibusi multimoda yang diperluas tidak hanya terbatas menggunakan moda kereta api, sehingga memberikan kemudahan lebih dalam melayani kebutuhan pengiriman lintas pulau.

Sugeng menambahkan, perseroan optimistis layanan Kalog Express dapat diterima dan mampu menjadi alternatif pilihan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang baik dari dan menuju Bali.

Kalog Express menawarkan layanan dengan mengedepankan servis level yang baik dengan harga yang terjangkau dan memastikan pengiriman dari dan menuju Bali akan diterima pada H+2, waktu yang relatif cepat untuk pengiriman antar pulau.

Lebih lanjut layanan Kalog Express di Bali juga menjadi wadah bagi sinergi BUMN yang diwujudkan melalui kerja sama dengan PT Pos Indonesia. Dengan sinergi tersebut, menawarkan kapasitas dan kapabilitas layanannya untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang milik PT Pos Indonesia baik dari dan menuju ke Bali.

Kalog Express akan secara berkelanjutan melakukan ekspansi jangkauan layanan hingga ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur, Kalimantan dan Sulawesi seiring dengan program strategis pemerintah berupa pengembangan rel kereta api.

"Selain pengembangan langkah ekspansif tersebut, saat ini Kalog juga tengah mempersiapkan layanan pengiriman ke mancanegara melalui Kalog Global. Dengan layanan tersebut, pelanggan dapat menikmati layanan distribusi barang ke lebih dari 200 negara dengan harga yang terjangkau," tambah Sugeng.

Langkah strategis berupa perluasan jangkauan tersebut diharapkan mampu menyumbang kontribusi positif setidaknya 40 persen terhadap pertumbuhan bisnis distribusi barang. Sebelumnya, Kalog Express telah melayani pengiriman baik dari dan menuju Sumatera yang telah lebih dulu hadir pada tahun 2017.

Kalog Express merupakan layanan pengiriman kurir dan kargo dan saat ini telah hadir di lebih dari 70 titik yang tersebar di Jawa dan Bali dan akan diperluas hingga lebih dari 100 service point/outlet sampai akhir 2018.