Bagi-bagi Sembako di Monas, Banyak Anak Kehilangan Orang Tua

Foto: Denita Matondang
Warga DKI Jakarta berbondong-bondong ke lapangan Tugu Monas, Jakarta Pusat untuk mendapatkan sembako gratis. Mungkin karena terlalu fokus saat mengantre, banyak anak yang hilang dari orang tuanya. 

Pantauan di lokasi panggung utama, Sabtu (28/4/2018), lebih dari 20 anak yang kehilangan orang tua. Anak-anak yang terdiri dari laki-laki dan perempuan ini dikumpulkan di panggung utama pertunjukan yang digagas oleh Forum Untukmu Indonesia (FUI). 

Anak-anak tersebut tampak berusia sekitar 3 hingga 7 tahun. Sebagian besar anak-anak tersebut terlihat menangis.

Salah satu petugas yang ada di lokasi mengatakan para anak terpisah karena orang tuanya tengah mengantre sembako. Ada juga yang terpisah karena orang tua mereka tengah asyik menikmati pertunjukan musik. 

"Karena kan (orangtua anak) lagi mengantre sembako terus dia nggak lihat lagi di mana anaknya. Ada juga yang terpisah karena orangtuanya lagi nonton musik," kata petugas itu di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (28/4/2018).

Tidak hanya anak-anak saja yang kehilangan orangtua mereka. Tampak sejumlah orangtua juga tengah mencari anaknya yang hilang.

"Anak hilang atas nama Muhammad Rizky, umur 3 Tahun pakai kaos garis-garis merah hitam ditunggu ibunya di Panggung utama. Bagi orang tua yang memiliki anak dengan nama berikut Ramiro, Sinok, Zaria, Putri Alizah, Nasya Aprilia Pratama, Anissa, dan Ririn Puspita Sari, ditunggu di panggung utama," kata pembawa acara di atas panggung.

Hingga pukul 15.20 WIB, baik anak yang kehilangan orang tua atau sebaliknya masih berdatangan ke sekitar panggung. Mereka menyatakan kehilangan mereka kepada panita acara.

Sebelumnya, acara yang digelar FUI ini membagikan sebanyak 400 ribu sembako dan makanan gratis ke pengunjung Monas. Untuk mendapatkan sembako dan makanan warga terlebih dahulu harus mengantongi kupon tertentu.